Bupati Banyumas Resmikan Kantor Cabang Perumdam Tirta Satria

Foto : Bupati Banyumas, Achmad Husein Saat Memotong Pita



BANYUMAS (BANYUMAS POS) - Bupati Banyumas Achmad Husein meresmikan Kantor Cabang Purwokerto 1, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Satria Kabupaten Banyumas Selasa 19 September 2023. 

Kantor Cabang Purwokerto 1 ini terletak di Jalan Raya Purwokerto-Baturraden Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Purwokerto Utara. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Banyumas Achmad Husein dan pemotongan pita, mengawali pembukaan kantor.

Sebelumnya, kantor pelayanan masih menginduk dengan kantor pusat di Jl Prof Dr Soeharso Purwokerto. Sehingga dinilai kurang optimal dan belum mendekatkan ke pelanggan di wilayah pelayanan.

Bupati Achmad Husein dalam sambutan peresmian mengatakan, dengan memiliki kantor cabang baru ini, maka pelayanan yang yang diberikan ke pelanggan dan masyarakat harus lebih baik, lebih cepat dan makin mendekatkan.

"Kalau ada gangguan, masalah lebih cepat penanganannya karena dekat dengan pelayanan gangguan. Namun di sisi lain, ini akan menambah beban tagihan listrik, utilitas lain dan jumlah karyawan. Ini konsekuensi dari peningkatkan pelayanan," katanya.

Bupati Banyumas minta, semua jajaran di lingkungan PDAM untuk menjaga komitmen, melayani lebih baik lagi. Sehingga tidak ada lagi komplain pelanggan yang masuk ke handphonenya maupun melalui lapak aduan Kabupaten.

"Masih sering ada laporan-laporan pengaduan masuk ke HP saya, padahal sudah saya kasih nomernya direktur utamanya. Makanya, pelanggan yang komplain itu dilayani, jangan diomehi (Red, dimarahi)," katanya menekankan.

Direktur Utama Perumdam Tirta Satria, Agus Subali mengatakan, dari lima kantor cabang, yang belum memiliki kantor sendiri sebelumnya, yakni kantor Cabang Purwokerto 1. Yang lain sudah ada, seperti kantor Cabang Purwokerto 2, Ajibarang, Wangon dan Banyumas.

"Ini dibuatkan kantor sendiri, ke internal untuk menumbuhkan kenyamanan kerja dan rasa kebanggaan dari karyawan. Karena posisinya di tengah-tengah area pelanggan, harapannya pelayanan akan lebih baik," katanya

Agus menambahkan, wilayah area pelayanan Cabang Purwokerto 1, sampai Baturraden dan Kedungbanteng. Berada di Pabuaran Purwokerto Utara, mudah kejangkau dari dua kecamatan tersebut

Dibanding kantor cabang lain, katanya, jumlah pelanggan di Cabang Purwokerto 1 juga paling banyak. Termasuk jumlah rata-rata pemakaian air juga lebih banyak. Ini karena masuk wilayah Kota Purwokerto.

"Saat uji coba pelayanan loket untuk online sudah normal semua dan lancar, sehingga bisa start melayani pelanggan dengan baik," katanya.

Kepala Kantor Cabang Purwokerto 1, Setyo Warsito mengatakan, saat ini ada sekitar 31 ribu pelanggan, dan yang aktif sekitar 28 ribu.

Jumlah karyawan tetap sebanyak 23 orang dan tenaga teknis 16 orang dari koperasi, dengan satu unit kantor pelayanan di Baturraden. Terkait omset per bulan, katanya, sektar Rp 4 miliar atau dengan aktivasi penagihan sekitar 85 persen.

"Dari lima cabang, yang ini jumlah pelanggan paling besar karena memiliki pelanggan domestik (rumah tangga) dan non demoestik (usaha dan perkantoran). Yang domestik 60 persen dan 40 non domestik," katanya. 

Pewarta : Agus
Previous Post Next Post