Ratusan Kepala Sekolah SMP se-Banyumas Raya Ikuti Sarasehan Pendidikan di Cilacap

Foto : Ratusan Kepala Sekolah SMP Saat Ikuti Sarasehan di Fave Hotel, Cilacap



CILACAP (BANYUMAS POS) - Ratusan Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri maupun swasta yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se-Banyumas Raya mengikuti sarasehan pendidikan, Jumat (10/2/2023). 


Adapun Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) tersebut berasal dari 4 Kabupaten yakni Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga dan Banjarnegara. 

Kegiatan bertajuk 'Manajemen Efektif Untuk Mewujudkan Sekolah Unggul' digelar di Fave Hotel, Cilacap dan diinisiasi oleh Ketua MKKS Kabupaten Cilacap, Marjoko. 

Dalam sambutannya, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Cilacap, Marjoko mengatakan, bahwa sekolah merupakan organisasi profesional. 

"Oleh karena itu, harus dikelola secara profesional. Dan kaitannya dengan tema 'Sekolah Unggul' yaitu sekolah yang efektif, dimana sekolah itu mampu mengatasi segala permasalahan, namun disisi lain bisa meningkatkan kapabilitas di dalam melaksanakan inovasi ataupun juga pembaharuan-pembaharuan," ujarnya. 

Kemudian, lanjut dia, manajemen sekolah yang dilakukan dalam rangka peningkatan kinerja sekolah dan untuk mencapai tujuan pendidikan. 

"Dimana seorang Kepala Sekolah diharapkan dapat melakukan perubahan-perubahan di satuan pendidikan masing-masing. Tentu perubahan yang dilakukan itu bersifat positif dan hakekatnya adalah pengelolaan sumber daya sekolah dari kondisi yang sekarang menuju kepada kondisi yang diharapkan," ungkap Marjoko. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Sadmoko Danardono menegaskan, bahwa manajemen perubahan di sekolah ini merupakan suatu keharusan, terlebih dengan perkembangan tekhnologi saat ini. 

"Oleh sebab itu, diperlukan leadership yang kokoh dan kuat serta memiliki integritas tinggi agar dapat menjadi contoh di lingkungan sekolah itu sendiri. Dan terkait manajemen perubahan di sekolah ini kuncinya ada di Kepala Sekolah," ujarnya. 

Sadmoko mengatakan, Kepala Sekolah di masing-masing satuan pendidikan harus kreatif dan inovatif. Hal itu agar bisa membawa gerbong sekolah itu dalam mencapai tujuan. 

"Sehingga sangat dibutuhkan kesadaran dan harus dibangun oleh seluruh Kepala Sekolah untuk menjadikan sekolah yang bisa mencari generasi yang lebih baik kedepan yang cerdas, pintar dan berkarakter kuat serta jujur, beriman dan bertaqwa," pungkasnya. 

Pewarta : Galih
Previous Post Next Post