Kegiatan LDK Calon Dewan Penggalang Gugus Depan 03 205 - 03 206 SMP N 3 Mandiraja


Foto : Siswa Siswi SMP N 3 Mandiraja Saat Mengikuti LDK



BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) - SMP N3 Mandiraja yang berlokasi di Desa Kaliwungu, Kecamatan Mandiraja dalam dua hari Jumat (28/10) dan sabtu (29/10/2022) mengadakan kegiatan di sekolah yaitu LDK (latihan Dasar Kepemimpinan) untuk calon Dewan Penggalang. 

Menurut keterangan dari Windu yugo prasetio, S.Pd selaku kepala sekolah SMP N 3 Mandiraja, dalam kegiatan ini siswa siswi dipilih dari perwakilan kelas 7, 8 dan 9, kemudian didominasi peserta terbanyak dari kelas 8 dengan jumlah peserta keseluruhan mencapai 40 siswa dan siswi.

Dalam kegiatan itu, siswa di beri bekal berbagai ketrampilan diantaranya, kepemimpinan, dinamika kelompok, PBB, pionering ,sejarah kepanduan, struktur organisasi, semapore, mlorse, sandi sandi dan kode kehormatan pramuka. Kegiatan itu meliputi teori dan praktek.

Sementara, menurut keterangan Sudito, S.Pd selaku Pembina Gugus Depan, kegiatan ini dilakukan di dalam dan di luar ruangan. Untuk teori di sampaikan di dalam kelas dan untuk praktek dilakukan di halaman sekolah. 


Ia menambahkan, siswa sangat antusias mengikuti kegiatan itu karena selama 2 tahun vakum akibat pandemi Covid-19 dan tahun ini dibuka kembali, sehingga para siswa terlihat semangat dalam mengikuti kegiatan.

"Kegiatan pramuka ini adalah kegiatan yang wajib untuk ekstrakurikuler di sekolah dan selaras dengan program dinas pendidikan," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Vertika Sastra P, S.Pd menyampaikan, bahwa kegiatan hari ini adalah hari pertama dan akan dilanjutkan kembali pada hari sabtu 29 oktober 2022 mulai pukul 07.14 WIB sampai dengan pukul 16.40 WIB. 

Kepada awak media vertika selaku pembina Gugus Depan mengatakan, sebelum pandemi Gugus Depan 03 205- 03 206 sudah mengirimkan kontingen mewakili cabang dan daerah di tingkat Provinsi.

Dengan kegiatan ini diharapkan ada perubahan karakter kepada para siswa menuju generasi berjiwa pancasila. 
Ia juga mengimbau kepada orang tua siswa untuk terus mendukung putra putrinya di didik di sekolah ini agar dapat memiliki karakter yang mulia. 

Pewarta Nur S
Previous Post Next Post