TMMD Sengkuyung I Desa Giritirto, Kebumen Resmi Ditutup

Foto : Dandim 0709/Kebumen, Letkol Inf Eduar Hendri Saat Menandatangani Prasasti



KEBUMEN (BANYUMAS POS) - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun 2022 Kodim 0709/Kebumen secara resmi ditutup.

Penutupan TMMD ditandai dengan penyerahan hasil TMMD dari Dandim 0709/Kebumen, Letkol Inf Eduar Hendri Kepada Bupati Kebumen yang diwakili oleh Wakil Bupati Kebumen, Hj. Ristawati Purwaningsih di Pendopo Kabumian, Komplek Rumdis Bupati Kebumen, Kamis (09/06/22)

TMMD dengan tema ‘TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI’ sebelumnya digelar di Desa Giritirto, Kecamatan Karanggayam.

Kegiatan pra-TMMD sendiri telah dimulai sejak 9 Mei sedangkan pelaksanaan program TMMD sendiri dilaksanakan pada 11 Mei sampai 09 Juni 2022.

Dandim Dandim 0709/Kebumen, Letkol Inf Eduar Hendri dalam sambutannya menyampaikan, bahwa penutupan TMMD sengkuyung tahap I TA. 2022 dengan penuh kebersamaan. 

Sebelumnya, TMMD Desa Giritirto, Kecamatan Karanggayam dilaksanakan selama 30 hari, mulai tanggal 11 Mei 2022 s/d 9 Juni 2022 semoga hasil dari program TMMD bisa dinikmati sebagai wujud pembangunan bersama.

“Program TMMD ini untuk memberikan kesempatan serta membantu daerah-daerah yang belum tersentuh untuk mendapatkan akses pembangunan yang layak. Kegiatan TMMD juga menggelorakan kembali semangat gotong royong serta kebersamaan kepada masyarakat," katanya.

Hasil program TMMD yaitu sasaran fisik berupa Pembangunan Rabat beton jalan dengan panjang 1.000 meter, lebar 3 meter dan tebal 0,15 meter, pembuatan gorong – gorong dua unit masing-masing panjang 4 meter dan diameter 0,80 meter serta pembangunan RTLH 4 unit.

Sedangkan Sasaran non fisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya kreativitas masyarakat desa Giritirto menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.

Dandim 0709/Kebumen juga berharap agar dijaga, dipelihara hasil pembangunan yang telah dicapai melalui TMMD ini, untuk mendukung aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat. 

"Kebersamaan yang sudah kita bangun merupakan energi positif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang timbul," ujar Dandim.

Sementara Bupati Kebumen dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kebumen, Hj. Ristawati Purwaningsih mengapresiasi hasil kinerja program TMMD setinggi-tingginya kepada rekan-rekan TNI dan Pemerintah Desa Giritirto.

Dengan koordinasi dan sinergi yang baik dan berkat kerja sama yang baik itulah, berbagai target pembangunan telah berhasil dicapai. Mudah-mudahan hasil pembangunan yang telah dilaksanakan dapat bertahan dan bermanfaat dalam waktu yang lama.

"Terlaksananya upaya peningkatan kapasitas dan pengetahuan masyarakat tentu saja terkait dengan pembangunan desa, saya harap memotivasi masyarakat untuk turut serta dalam pembangunan desanya. Inilah salah satu langkah efektif peningkatan SDM dalam mewujudkan desa yang mandiri, berdaya dan memiliki daya saing," ujarnya. 

Tidak lupa pihaknya berpesan kepada Kepala Desa beserta seluruh masyarakat Desa Giritirto, untuk senantiasa memelihara fasilitas umum yang telah dibangun tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Kebumen Hj. Ristawati Purwaningsih, Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo, Dandim 0709/Kebumen, Letkol Inf Eduar Hendri, Kapolres Kebumen, AKBP Burhanuddin, dan Kajari Kebumen Fajar Sukristiawan.

Tampak hadir, Sekda Kabupaten Kebumen, H Ahmad Ujang Sugiono Asisten 1 Sekda Kebumen, Hj. Puji Rahayu, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, Daerah Rianto, Kadispermades Cokro Aminoto, Perkim LH Kebumen, H. Slamet Mustolkhah, serta Kepala BPBD Kabupaten Kebumen.

Adapun Muspika Kecamatan Karanggayam, perwakilan Danramil serta perwira Staf jajaran Kodim 0709/Kebumen, serta Bapak Sugito (Kades Giritirto ) dan perangkat Desa.
Previous Post Next Post