Bupati Lantik 44 Kepala Desa di Cilacap, Ini Pesannya

Foto : Bupati Cilacap Saat Melantik 44 Kepala Desa



CILACAP (BANYUMAS POS) - Sebanyak 44 Kepala Desa Masa Jabatan 2022-2028 yang terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022 resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji pada Selasa (17/5/2022) di Pendopo Wijayakusuma Cakti.

Para Kepala Desa yang dilantik tersebut berasal dari 18 Kecamatan meliputi Kecamatan Adipala sebanyak 3 desa, Binangun 1 desa, Cimanggu 1 desa, Dayeuhluhur 4 desa, Gandrungmangu 1 desa, Jeruklegi 4 desa, Kampunglaut 1 desa, Kawunganten 2 desa, dan Kedungreja sebanyak 6 desa. 

Selanjutnya, Kecamatan Kesugihan sebanyak 1 desa, Kroya 1 desa, Majenang 8 desa, Maos 4 desa, Nusawungu 1 desa, Patimuan 1 desa, Sampang 2 desa, Sidareja 2 desa dan Wanareja sebanyak 1 desa.

Pelantikan diawali dengan Kata Pelantikan, Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Desa oleh Bupati Cilacap serta Penandatanganan Naskah Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan Kades yang dilakukan oleh Perwakilan Kades dan Bupati Cilacap serta para saksi. 

Kemudian dilanjutkan Penyematan Tanda Jabatan dan Penyerahan Surat Keputusan kepada seluruh Kades Terlantik oleh Bupati Cilacap. 

Selanjutnya, diakhiri dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan Kades kepada Perwakilan Kades Baru serta Penyerahan Buku Memori Jabatan.

Bupati menyampaikan, bahwa Kepala Desa harus segera menyiapkan langkah-langkah dan prioritas yang akan dilakukan setelah dilantik. Bupati juga menginginkan agar Kades harus mau belajar untuk memajukan desanya.

“Jadi Kepala Desa itu harus mau belajar. Belajar dari masyarakat, belajar dari rumah, belajar dari kantor, untuk desa kedepan lebih baik apalagi setelah kena pandemi Covid-19 ini. Itu yang penting,” ujarnya.

Selain itu, Bupati berharap agar masing-masing Kepala Desa harus mengetahui potensi yang dimiliki setiap Desanya kemudian di evaluasi serta dikembangkan sesuai dengan potensi masing-masing.

Bupati juga berpesan kepada Kades terlantik untuk langsung bekerja di Desa masing-masing dengan memperhatikan pilar-pilar dalam program Bangga Mbangun Desa yaitu pendidikan, ekonomi, kesehatan dan sosial budaya.

“Saya pesan kepada Kades terlantik, mulai hari ini ya harus langsung kerja. Acuannya adalah Bangga Mbangun Desa dan Kades itu harus bisa nyambut gawe,” kata Bupati.

Pewarta : Galih

Previous Post Next Post