Manfaat Daun Pohpohan Makanan Sehat Tanaman Herbal


foto: Rodi Ajat Subekti Sedang memetik daun Pohpohan yang masih segar



Banjarnegara warta.onenews -- Ditinjau oleh 

dr.Agus Ujianto, MSI.Med.,SpB Bersama Yayasan Bumi Sehat Banjarnegara menyajikan  manfaat daun Pohpohan untuk kesehatan 23/06/2023

 

“Daun pohpohan dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu bagian lalapan ini mampu bermanfaat sebagai pencegah pertumbuhan bakteri serta pengobatan luka bakar.”


Tangkal Radikal Bebas, Ini tujuh manfaat Daun Pohpohan


Daun pohpohan kerap dijadikan salah satu bagian dari lalapan saat mengonsumsi makanan khas Sunda. Rasanya yang khas dan menyegarkan dapat menjadi teman yang tepat terhadap makanan yang pedas.


Ternyata, dedaunan ini juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, lho. Banyak orang yang tidak menyadari jika makanan sehat ini mengandung nutrisi yang tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi secara rutin.



Manfaat Daun Pohpohan untuk Kesehatan Tubuh


1. Mencegah Pertumbuhan Bakteri

Mengutip jurnal dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, ekstrak dari daun pohpohan memiliki sifat antibakteri. 


Kandungan tersebut mampu menghambat pertumbuhan beberapa bakteri, salah satunya adalah staphylococcus, penyebab infeksi kulit dan pneumonia saat masuk ke paru-paru.


2. Mengobati Luka Bakar

Daun pohpohan juga telah digunakan secara turun-temurun di Indonesia untuk menyembuhkan luka bakar. 


Adapun, gel hasil ekstrak daun ini memiliki aktivitas terhadap penyembuhan lebih efektif pada area tubuh yang terbakar.


Mengutip penelitian dari Kartika Jurnal Ilmiah Farmasi, tanaman ini digunakan untuk penyembuhan luka bakar pada kelinci. Nah, gel yang mengandung ekstrak daun pohpohan terbukti mampu menurunkan diameter luka bakar lebih cepat. 


Penggunaan bahan alami ini bahkan hampir menyamai beberapa obat oles buatan.


3. Membuat Kulit Lebih Mulus

Bahan alami ini juga dapat membuat kulit menjadi lebih mulus berkat kandungan vitamin E di dalamnya. Konsumsi secara rutin dapat mencegah kulit kusam, sehingga tampilan tubuh terlihat lebih cantik secara keseluruhan.

4. Mengatasi Sakit Perut

Daun ini juga mengandung fitokimia yang sangat baik dalam mengatasi sakit perut pada tubuh. Ekstraksi dari etil asetat dan etanol pada kandungan daun pohpohan memang ampuh dalam mengatasi rasa sakit ini, termasuk yang disebabkan oleh menstruasi.


5. Antidiabetes

Tanaman ini juga memiliki efek antidiabetes, terutama saat dikonsumsi secara rutin. Daun pohpohan dipercaya mampu membantu dalam menurunkan kadar glukosa dalam darah, sehingga kemungkinan mengidap diabetes bisa diturunkan dengan cara merebus dan meminum tanaman ini.


6. Mencegah Osteoporosis

Pohpohan memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Saat kandungan kalsium pada tubuh tercukupi setiap hari, kepadatan tulang tentu terjamin dengan baik. Hal ini sangat baik dalam mencegah terjadinya osteoporosis, gangguan yang terjadi akibat pengeroposan tulang.


7. Mengatasi Radikal Bebas

Beberapa penelitian menyebut jika daun ini memiliki kandungan flavonoid yang tinggi. 


Zat ini sangat baik sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Secara bersamaan, kandungan ini dapat mencegah terjadinya tumor ataupun kanker.


Itulah berbagai manfaat dari daun pohpohan yang bisa didapatkan oleh tubuh saat dikonsumsi secara rutin. 


Maka dari itu, jika kamu disajikan lalapan yang terdapat daun ini, pastikan untuk mengonsumsi semuanya, bukan hanya makanan utama saja. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat secara keseluruhan. 


Pewarta : Nur S

Previous Post Next Post