KPU Cilacap Tetapkan 566 Orang Masuk DCT Pileg 2024, Ada Caleg DPR RI Dapil VIII Sunan

Foto : Caleg Dapil Jawa Tengah VIII (Banyumas-Cilacap) dari Partai Gerindra H Muhamad Sunan Arief BSc MBA masuk DCT di KPU



CILACAP (BANYUMAS POS) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap resmi menetapkan daftar calon tetap (DCT) untuk pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

"Perhari ini kita sudah tetapkan DCT KPU Kabupaten Cilacap, dengan jumlah keseluruhan 566 orang dari 18 partai politik," ungkap Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap Sinoto kepada wartawan, Sabtu (04/11/2023). 

Dari jumlah tersebut, laki-laki sebanyak 353 orang dan perempuan 213 orang. 

"Setelah ini kita berharap semuanya berjalan dengan lancar, di mana tidak ada gejolak ketika kita akan melangkah ke tahap selanjutnya," ujarnya. 

Lebih lanjut Sinoto mengutarakan, setelah penetapan DCT, dilanjutkan Bimtek sebelum tahapan kampanye yang dimulai tanggal 28 November 2023-10 Februari 2024 mendatang. 

"Jadi sebelum kampanye kita melakukan bimtek kepada para caleg (calon anggota legislatif) partai politik tentang dana kampanye. Intinya, kampanye bisa dilakukan setelah dilakukan bimtek, berapa jumlah uang yang harus digunakan untuk kampanye. Biar ada transparansi berapa uang yang dipakai," jelasnya. 


"Setelah kampanye, baru kita memasuki masa tenang selama tiga hari," tambahnya. 

Sinoto menyampaikan, dalam waktu dekat pihaknya berencana ke KPU Pusat Jakarta untuk menyiapkan surat suara sesuai dengan jumlah DCT yang sudah ditetapkan. "Setelah menerima surat suara, kemudian dicetak beserta finishing-nya," pungkasnya. 

Diketahui, dalam tahapan Pemilu 2024, ada lima kali pemilihan yakni Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

Sementara itu, pada Pileg 2024, dari jumlah 566 orang, terdapat satu calon legislatif (Caleg) Dapil Jawa Tengah VIII (Banyumas-Cilacap) bernama H Muhamad Sunan Arief BSc MBA. Ia merupakan caleg DPR RI dari Partai Gerindra. 

Nama Sunan ini cukup akrab bagi masyarakat Cilacap, karena ia adalah putra dari tokoh terkenal Fuad Bawazier.

Previous Post Next Post