SMP Pius Perform Antologi Sejarah Paroki Cilacap

Foto : SMP Pius Perform Antologi Sejarah Paroki Cilacap



CILACAP (BANYUMAS POS) - Dalam gelaran Festival Kasih dalam rangka HUT Paroki Cilacap ke-93, SMP Pius Cilacap menampilkan Perform Antologi Sejarah Paroki Cilacap, Sabtu (28/10/2023) lalu di bekas gedung gereja Katolik lama, Jalan A. Yani, Cilacap. 

Antologi sejarah bertema Masa Depan adalah Kita, mengemas penuturan sejarah secara kreatif yang dipadukan dengan paduan suara, tarian, dan asambel musik melibatkan seluruh siswa SMP Pius Cilacap sebagai pemain.

Kepala SMP Pius Cilacap Thomas Sutasman mengatakan bahwa antologi sejarah dikemas menarik agar kita tidak melupakan sejarah. “Sejarah memberikan kearifan hidup dan kita akan mendapatkan nilai-nilai karakter serta kemanusiaan yang akan menjadi pondasi masa depan”, tutur Thomas.

Lebih lanjut, kata Thomas, antologi sejarah paroki tersebut mengisahkan sejarah paroki dari awal perkembangan sampai dengan sekarang. “Awalnya perkembangan umat sangat sedikit dengan pelayanan pastur dari Magelang sebanyak 3 sampai 4 kali setahun. Atas peran serta tokoh-tokoh masyarakat, seperti Sadat Harjosumarto, RL Sarman, Harrjosubroto, dan lainnya, pertumbuhan umat Katolik membaik dari segi pendidikan dan pelayanan peribadatannya," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Thomas, perkembangan umat mengalami tantangan bertubi-tubi dengan adanya penjajah Jepang masuk, dimana umat tidak mendapat pelayanan maksimal. “Namun dari awal 1970 pelayanan umat semakin membaik, apalagi adanya karya-karya yang dilakukan Romo Carolus OMI untuk umat dan masyarakat”, pungkasnya.

Perlu diketahui, HUT Paroki Cilacap yang ke-93 ini mengetengahkan Festival Kasih dengan berbagai acara seperti Pameran Foto dan Arsip Sejarah Paroki, Gelar UMKM, Pentas seni dari sekolah dan berbagai kalangan, wayang kulit, sampai dengan barongsai, dan dilaksanakan selama tiga hari dari 27 – 29 Oktober 2023. 

Sementara puncaknya akan ditutup dengan misa yang dipersembahkan oleh Uskup Purwokerto Mgr. Christophorus Tri Harsono, pada Senin sore, 30 Oktober 2023 di Gereja Santo Stephanus Cilacap dilanjutkan Deklarasi Pemilu Damai.

Pewarta : Galih
Previous Post Next Post