Ribuan Umat Tri Dharma Akan Ikuti Kirab Jut Bio di Magelang

Foto : Jut Bio di TITD Liong Hok Bio Kota Magelang



MAGELANG (BANYUMAS POS) - Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio Kota Magelang rencananya sebagai tuan rumah kirab Jut Bio yang akan diikuti 102 kelenteng se-Jawa pada Sabtu (30/9/2023). 
    
Tempat Ibadah Tri Dharma ( TITD) Liong Hok Bio Kota Magelang saat ini sedang menggelar Jut Bio (ritual kirab berkeliling sambil memikul kim Shin). Kirab budaya tersebut akan menyusuri sejumlah ruas jalan di kawasan Pecinan Kota Magelang di hari Minggu (1/10/2023). 

“Kirab Jut Bio ini akan diikuti sekitar 4.000 umat Tri Dharma dari 102 kelenteng yang ada di Pulau Jawa. Namun, yang akan ikut kirab keliling kota hanya dari 81 kelenteng,” kata Ketua Yayasan Tri Bakti Kota Magelang, Paul Candra Wesi Aji. 

Paul Candra mengatakan, tradisi Jut Bio tersebut dilakukan mengusir dan membersihkan segala bencana di seluruh penjuru kota. Selain itu, kegiatan kirab tersebut juga sebagai sarana bagi dewa-dewi untuk mendengar keluh kesah dari rakyat yang merasa tertindas.

Menurutnya, tradisi Jut Bio tersebut digelar sebagai bagian dari Perayaan Kue Bulan yang diperingati masyarakat Tionghoa setiap tanggal 15 tahun kedelapan berdasarkan kalender Tiongkok.Kirab Jut Bio tersebut juga dilakukan setiap lima tahun sekali.

“Kirabnya pada 1 Oktober, tapi 30 September mulai ada penerimaan tamu dari peserta," ujarnya.

Paul Candra menambahkan, dari 102 kelenteng yang datang untuk mengikuti Jut Bio tersebut tidak semuanya membawa kio/joli atau tandu untuk membawa patung yang dikirab. Melainkan hanya 81 kelenteng di Jawa yang membawanya.

Adapun rute kirab Jut Bio tersebut akan mengambil start dari halaman TITD Liong Hok Bio kemudian melalui Jalan Alun-alun Selatan, Alun-alun Barat, Alun- alun Utara dan Alun-alun Timur. Selanjutnya menuju Jalan Pemuda, Jalan Tidar,Jalan Tentara Pelajar, Jalan Pajajaran, Jalan Pajang dan kembali masuk ke Jalan Tentara Pelajar.

Selanjutnya menuju Jalan Alun-alun Barat, Alun- alun Utara dan Alun-alun Timur dan kembali ke TITD Liong Hok Bio. 

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post