Warga Pekalongan Antusias Sambut Rombongan Biksu Jalan Kaki ke Borobudur

Foto : Para Biksu Saat Ritual Jalan Kaki



PEKALONGAN (BANYUMAS POS) - Ratusan warga dengan suka cita memberikan makanan serta minuman sebagai simbol kerukunan dan toleransi umat beragama kepada biksu perserta ritual Thudong saat melintas di jalur Pantura, Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (25/5/2023). 

Perjalanan para biksu tersebut mendapat kawalan dari polisi, TNI, dan sejumlah sukarelawan saat memasuki Pekalongan.

Sejumlah warga serta umat dari berbagai agama berdiri berjejer disepanjang jalan menyambut para biksu atau bhante dengan suka cita dan memberikan makanan serta minuman sebagai simbol kerukunan dan toleransi umat beragama.

Sesampainya di Gedung Kanzus Sholawat Habib luthfi disambut oleh Walikota dan forkopimda. 

Walikota Pekalongan, H. A. Afwan Arslan Djnaid, SE mengatakan, bahwa ini adalah suatu kehormatan bagi Pemerintah kota Pekalongan dan warga Kota Pekalongan sangat antusias menyambut para biksu yang berasal dari berbagai negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia yang sudi untuk singgah di Kota Pekalongan 

"Bagaimana cara kami warga Pekalongan dalam memaknai toleransi dan kerukunan antar umat beragama, masyarakat dunia dapat mengambil contoh baik dalam memaknai perbedaan suku, ras, dan agama, karena hakikatnya manusia merupakan makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan peran dan bantuan dari orang lain," ujarnya. 

Sebanyak 32 biksu melakukan ritual perjalanan Thudong dari Kota Nakhon Si Thammarat Thailand menuju Candi Borobudur dalam rangka menyambut Hari Raya Waisak pada 4 Juni 2023. 

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post