Momen HPSN Purbalingga Dipusatkan di Kodim Purbalingga



PURBALINGGA Banyumas Pos - Momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 Kabupaten Purbalingga diperingati salah satunya dengan berbagai kegiatan yang dipusatkan pelaksanaannya di Kodim 0702/Purbalingga.


Kegiatan dengan tema "Bergerak Bersama untuk Purbalingga Lebih Bersih" diikuti oleh anggota Kodim 0702/Purbalingga, Lanud JBS, Lintas Komunitas termasuk dari pecinta alam, relawan, pelajar dan mahasiswa yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga, Minggu, (26/2/2023).


Tak hanya seremonial saja kegiatan yang dilaksanakan, serangkaian aksi nyata seperti pembersihan aliran Sungai Larangan di wilayah Kelurahan Bancar, pembersihan  Pasar Badog, penyemprotan  eco enzyme, dan penuangan eco enzyme ke aliran Sungai Larangan serta edukasi dan sosialisasi penangan sampah baik dengan menempel stiker imbauan membuang sampah dengan baik dan benar maupun edukasi secara langsung kepada masyarakat juga turut dilaksanakan dalam kegiatan ini.

Menurut Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan lumban Gaol selaku Koordinator sekaligus pimpinan dalam kegiatan ini, kegiatan yang dilaksanakan diharapkan terus berkesinambungan dilaksanakan sebagai upaya kampanye kepedulian terhadap sampah.


"Berharap dapat terus berlanjut dilaksanakan agar lingkungan kita bersih dari sampah sehingga kita semua menjadi sehat negarapun menjadi kuat," ungkapnya.


Di tempat yang sama, Esti Wahyuningsih Mahasiswa Unperba yang turut terjun dalam kegiatan ini dan mendapatkan tugas melaksanakan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat tentang pengolahan sampah menuturkan jika hasil temuannya,  masyarakat masih banyak yang belum mengerti tentang bagaimana pengolahan sampah yang baik dan benar yang berdampak baik buat lingkungan.


"Selain aksi nyata bersama membersihkan lingkungan dari sampah juga sangat perlu dilaksanakan edukasi tentang pengolahan sampah kepada masyarakat, agar sekalipun merupakan sampah tetapi masih dapat dipergunakan untuk hal yang lebih bernilai termasuk dampak untuk lingkungan," tuturnya. 


Pewarta:  Nur S 

Previous Post Next Post