Seorang Ulama Yang Senantiasa Berjuang Tak Mengenal Lelah Dari Banjarnegara







Foto: Ketua Yayasan Bumi Sehat Banjarnegara Nur Sholeh lagi Berbagi Pengalaman


Brebes Banyumas Pos -- Pendidikan agama Islam bagi seseorang sangat penting, terutama bagi kalangan remaja putra dan putri yang di era globalisasi saat ini sangat penting moral dan penentunya. 


Maraknya pergaulan bebas dan narkoba di kalangan remaja kita menjadi wacana pekerjaan rumah dan tugas kita bersama agar bisa dan mampu mengarahkan remaja putra putri kita ke jalan Allah SWT dan rasulNya.


Pergaulan remaja sangat mempengaruhi, menentukan dan membentuk seseorang dalam beragama, baik maupun buruknya.


Pentingnya bergaul, mendekati dan menuntut ilmu kepada para alim ulama sudah merupakan kewajiban kita sebagai seorang muslim .


Seperti hadis nabi muhammad saw :


العلماءورثةالانباء


 Artinya :


Ulama itu merupakan pewaris dari nabi-nabi ( HR Tirmidzi ) 


Jelaslah dengan demikian begitu mulianya kedudukan ulama di sisi Nabi Saw dan Alloh SWT tentunya .


Sebagaimana nabi Saw telah bersabda  : Barang siapa yang menyakiti ulama telah menyakitiku, siapa yang menyenangkan ulama berarti telah menyenangkan ku".



Pengasuh Majlis Dzikir Qolbun Salim Muhammad Arif Lutfi menjelaskan, kedatangan Kyai Nur Sholeh dari  Banjarnegara dan rombongan, menjadi kebahagiaan tersendiri bagi keluarga besar Majlis Dzikir Qolbun Salim , kaliloka bawah , RT 05 / 04 kecamatan Sirampog Brebes Jawa Tengah Sabtu (07/01/2023).


Beliau sebagai seorang ulama, yang juga aktif dan penggerak kegiatan positif  Banser  Husada Banjarnegara.


Beliau juga merupakan salah satu Ketua Yayasan Bumi Sehat  Banjarnegara.


Yang pada kesempatan ini beliau memberikan nasihat dan wejangan yang begitu berarti bagi santri-santri majlis dzikir qolbun Salim dan keluarga besar Majlis dzikir untuk lebih berhati-hati  dalam mengarungi hidup di alam dunia ini, pasalnya ada kehidupan setelah mati.


Mengarungi hidup haruslah dengan ilmu agama dan bergaul dengan para alim ulama dan orang-orang sholeh ,begitu ungkap beliau".


Beliau yang aktif sebagai wartawan / jurnalis , beliau juga  sebagai mitranya Rumah Sakit Islam Banjarnegara.


Perjuangan beliau dalam membantu masyarakat umum dan menengah ke bawah, fakir miskin sungguh sangat luar biasa untuk contoh teladan bagi santri-santri Majlis dan pemuda pemudi pada umumnya . Beliau yang seolah-olah tidak mengenal lelah dan waktu untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dengan penuh kerelaan dan keikhlasan tanpa pamrih harus menjadi teladan bagi kita semua.

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW;


Artinya ; 


Ulama adalah pengemban amanat Alloh atas makhlukNya.( HR Ibnu Asakir)


Semoga Allah SWT selalu merahwati beliau dan keluarga serta semua anak cucunya, mudah-mudahan akan selalu berjuang untuk agama Islam hingga berpisah dengan badan.


Sekelumit cerita dari penulis untuk lebih memuliakan ulama dan mendekati serta menuntut ilmu kepada beliau selama mumpung beliau-beliau (ulama-ulama) masih  hidup. Wallohualam bisshowab,"pungkasnya.



Pewarta: M.Arif/Nurs

Previous Post Next Post