Al Qur'an dan As Sunnah.


Brebes Banyumas Pos -- Al Qur'an dan as Sunnah adalah merupakan sumber hukum utama dalam Islam yang tidak dapat di pisahkan satu sama lain .Keduanya adalah Wahyu dari Alloh SWT , baik yang di turunkan melalui malaikat Jibril , maupun yang di ilhamkan langsung ke dalam diri Rasulullah Gergaji. 


Kaum muslimin diperintahkan untuk berpegang teguh pada Al Qur'an dan As Sunnah, dan tidak boleh melalaikan salah satu dari keduanya. 


Di riwayatkan oleh Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw berhenti , Aku meninggalkan dua perkara yang apabila kalian berpegang teguh pada keduanya , maka tidak akan sesat selama- lamanya, yaitu kitabullah ( Al Qur'an ) dan Sunnahku. 


Keduanya tidak akan berpisah sampai keduanya mendatangi ku di telaga ( surga ) ( HR AL HAKIM ). Pengertian dan makna sebagai sunah . 


Dalam pengertian terminologi sebagai sunah adalah segala sesuatu yang bersumber dari nabi Muhammad Saw , selain Al Qur'an , baik dalam bentuk ucapan , perbuatan , penetapan , sifat tubuh , dan akhlak , yang dimaksudkan dengannya sebagai syariat bagi umat Islam.

Pemahaman ini disepakati oleh jumhur ulama. Al Qur'an sendiri menyifati sebagai sunah dengan makna Al Hikmah , seperti dalam surat Al Baqarah ayat ke 129 :.....ketika Dia mengutus seorang Rasul kepada mereka dari kalangan mereka sendiri , yang membacakan ayat-ayat Nya dan membersihkan mereka ,dan melarang Kitab dan Hikmah ....., 


Dalam surat An Nisa ayat hikmah ke 113 dan Alloh SWT telah menurunkan kepadamu kitab dan , serta melarangmu apa-apa yang tidak engkau ketahui , dan dalam surat Al jumuah ayat kedua , ; Dia mengutus kepada umat yang ummi seorang Rasul dari kalangan mereka , yang membacakan kepada mereka Kitab dan Hikmah. 


Imam as Syafi'i berkata, Alloh SWT menyebut Al kitab maksudnya adalah Al Qur'an, dan menyebut Al Hikmah. 


Di negeriku, aku mendengar para ahli ilmu Al Qur'an mengatakan bahwa yang dimaksud Al Hikmah adalah sebagai sunah. 


Senada dengan itu jg , Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa Al Hikmah adalah as sunah , karena sesungguhnya yang di baca di rumah-rumah istri nabi Saw adalah sunah-sunah nabi Saw. 


Hal itu sebagaimana sabda Rasulullah Saw , ; Ketahuilah sesungguhnya aku di berikan Al kitab dan yang seperti itu dibicarakan .( HR Abu Dawud dan lain-lain) .Ibnu Taimiyah juga berkata ; sesungguhnya as Sunah itu adalah syariat , yakni apa-apa yang di syariatkan Alloh SWT dan rasul-Nya dari agama ini.



Pewarta: Nur S/Arfl

Previous Post Next Post