SD N 1 Lengkong Luncurkan Bahasa Inggris Calon Duta Besar

Foto : Kepala Sekolah, Sujadi, Meluncurkan Program English for Future Ambassadors 


Banjarnegara Banyumas Pos -Di era globalisasi di bawah implementasi kurikulum merdeka belajar kini makin banyak sekolah dasar yang memperkenalkan bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal. Hanya saja tidak semua sekolah dasar memiliki guru berlatar belakang sarjana pendidikan bahasa Inggris sehingga mereka belum sepenuhnya memasukkan bahasa Inggris ke kurikulum sebagai mata pelajaran pilihan. 

Adalah SD N 1 Lengkong di kecamatan Rakit kkabupaten Banjarnegara, mulai semester genap tahun pelajaran 2022/2023 bertekad membekali peserta didiknya dengan keterampilan dasar bahasa Inggris menggandeng Rumah Pintar Dr Tus. Kemarin (10/1) baru di-launching Program Bahasa Inggris untuk Anak-anak Calon Duta Besar.

“English for Future Ambassadors diyakini akan menjadi wahana strategis untuk memperkenalkan bahasa Inggris untuk anak-anak di sekolah kami. Sekolah belum punya sumber daya manusia yang mumpuni untuk bahasa Inggris sehingga kami bekerjasama dengan Rumah Pintar Dr Tus,” jelas Sujadi, Kepala Sekolah.

Peluncuran program dilaksanakan di gedung sekolah dihadiri oleh 44 siswa peserta program, guru, dan orang tua/wali peserta didik. Dalam sambutan, Korwil Dindikpora Kecamatan Rakit, Subiyarto, M.Pd., sangat mengapresiasi program English for Future Ambassadors. Apalagi program tersebut dibina oleh para mentor lulusan dalam dan luar negeri. Subiyarto berharap anak-anak akan bersemangat dan bersungguh sungguh berlatih bahasa Inggris satu kali seminggu setelah jam pelajaran sekolah. Dia pun yakin ketika sejak sekolah dasar anak sudah belajar bahasa Inggris, maka di SLTP dan SLTA kelak anak tidak akan mengalami kesulitan dalam mata pelajaran bahasa Inggris.

“Program ini pasti kami dukung; semoga para guru ikut belajar, mengobservasi proses pembelajaran bahasa Inggris ketika anak-anak belajar sehingga bisa memperoleh ilmu metode dan teknik mengajarkan bahasa Inggris. Ke depan saya yakin kalau para guru dilatih oleh pihak Rumah Pintar, mulok bahasa Inggris bisa diterapkan di SD N 1 Lengkong,” ungkap Subiyarto.

Santri Sabilurrosyad Tampil Berpidato Bahasa Inggris


Di acara peluncuran seluruh anak peserta program tampil satu per satu memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris; selain itu 2 siswa dari Rumah Pintar Dr Tus, yakni Fairuz dan Alka juga unjuk gigi berpidato bahasa Inggris mengenai Banjarnegara di hadapan hadirin. Tidak ketinggalan 5 santri Pondok Modern Sabilurrosyad Muhammadiyah Banjarnegara yang menjadi peserta program internasionalisasi santri juga naik ke panggung melakukan aksi pencak silat dan pidato bahasa Inggris bertema Islam, Muhammad, the Prophet, dan perkenalan diri.

Dr Tuswadi, Founder Rumah Pintar, mengatakan bahwa pihaknya yang sudah puluhan tahun memoles keterampilan bahasa Inggris generasi Banjarnegara dari tingkat PAUD sampai dengan mahasiswa di Perguruan Tinggi melalui kegiatan Kursus Intensif Bahasa Inggris bertekad akan melahirkan calon-calon duta besar dari tanah Banjarnegara melalui program yang baru dirilis di SD N 1 Lengkong.

“Materi kursus kami susun khusus agar anak-anak dekat dengan dunia global sehingga ketika dewasa nanti mereka tertarik kuliah di jurusan Hubungan Internasional atau Ilmu Komunikasi sehingga bisa menjadi diplomat kebanggaan Indonesia,” ujar Dr Tuswadi. 


Pewarta : Nur S 

Previous Post Next Post