Awal Tahun 2023, Sedulur Kebumen Kembali Survey Bedah Rumah Milik Mbah Suwuh

Foto : Kondisi Rumah Milik Mbah Suwuh Yang Roboh dan Tidak Layak Huni




KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Diawal tahun 2023 merupakan awal untuk semangat baru bagi Sedulur Kebumen untuk kembali membantu sesama yang memang membutuhkan. 


Kali ini, Sedulur Kebumen kembali memberikan bantuan bedah rumah yang ke-42. Dan bedah rumah kali ini diberikan kepada mbah Suwuh warga Desa Bonjok Kidul, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. 

Awal mula Sedulur Kebumen mendapat laporan dari Kepala Desa setempat adanya rumah warga yang sudah roboh dan tidak layak huni. 

Mengetahui hal itu, Sedulur Kebumen kemudian tergerak untuk membantu dengan memberikan bantuan bedah rumah agar layak untuk dihuni. 

Dalam kesempatannya, Wakil Bupati Kebumen, Hj. Ristawati Purwa Ningsih bersama Sedulur Kebumen, Sugeng Budiawan, Santoso dan Forkopincam Adimulyo mensurvey rumah mbah Suwuh di Desa Bonjok Kidul, Kecamatan Adimulyo, Kamis (5/1/2023). 

"Hari ini kami mensurvey rumah milik mbah Suwuh yang tidak mempunyai suami dan anak, tinggal seorang diri di Desa Bonjok Kidul, Kecamatan Adimulyo yang rumahnya sudah ambruk dan kami bersama Sedulur Kebumen kembali membedah rumah yang ke-42 dan diberikan kepada mbah Suwuh," ungkap Wabup. 

Ia menjelaskan, bantuan bedah rumah tersebut bersumber dari dana yang berasal dari Sedulur Kebumen dibantu dari Dana Desa. 

"Untuk instalasi listrik bantuan dari Mas Hari Wibowo dari PLN Gombong dan meteran listriknya gratis. Sedangkan keramik dari Arwana sebanyak 20 dus granit. Kemudian biaya pemasangan nanti saya dan Pak Sugeng," ucap Ristawati. 

Sementara, Sugeng Budiawan dari Sedulur Kebumen menambahkan, bahwa survey bedah rumah ini yang ke 42 di awal tahun 2023 ini. 

"Ada juga bantuan untuk rehab dapur. Jadi ada tambahan uang secara pribadi dari saya Rp 3 juta dan Rp 2 juta dari bu wakil, jadi totalnya Rp 5 juta untuk rehab dapur rumah mbah Suwuh ini," jelasnya. 


Sugeng, pemilik Hotel Grand Kolopaking tersebut dalam kesempatannya menyampaikan ucapan terimakasih atas fasilitas yang diberikan seperti listrik dan keramik. 

"Untuk pompa air di dapur sudah ada. Harapannya kita masih tetap terus bergotong royong membantu sesama yang membutuhkan," katanya. 

Ia menambahkan, Sedulur Kebumen mentargetkan 100 rumah yang akan dibedah melalui program bedah rumah. 

"Semoga Tuhan memberi kita panjang umur. Disini juga ada penerus saya yaitu Santoso untuk bisa melanjutkan program bedah rumah ini, ataupun orang lain juga banyak yang mampu, silahkan nanti bisa saling gotong royong, apalagi saudara-saudara kita yang dari luar kota juga, saya mintain untuk bergotong-royong," tuturnya.

Selanjutnya, Kepala Desa Bonjok Kidul, Budiono menyampaikan ucapan terimakasih kepada Sedulur Kebumen yang telah membantu warganya. 

"Terimakasih banyak sudah membantu warga kami yaitu mbah Suwuh yang rumahnya direhab," kata Budiono.

Ia berharap Sedulur Kebumen bisa membantu kembali ke seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan. 

"Terutamanya warga masyarakat dalam kondisi terkena bencana," pungkas Budiono. 

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post