Ziarah ke Makam Pahlawan, Bupati Bareng Forkompimda Jalan Kaki dari Pendopo


Foto : Bupati Kebumen Bersama Unsur Forkopimda Saat Berjalan Kaki Menuju Makam



KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Pemerintah Kabupaten Kebumen menggelar upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 yang berlangsung di Pendopo Kabumian. 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto. Upacara turut dihadiri jajaran Forkompimda, TNI/Polri para ASN, dari perwakilan Parpol, Ormas, dan siswa SMA sederajat.

Yang menarik, usai upacara Bupati bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih serta jajaran Forkompimda Dandim 0709/Kebumen, Letkol Inf Eduar Hendri, Kapolres Kebumen, AKBP Burhanuddin, Kajari, Fajar Sukristyawan, Ketua DPRD, Sarimun, Ketua PN, Kebumen R. Agung Aribowo, dan Ketua PA Kebumen, M. Kahfi berjalan kaki ke Makam Pahlawan Kebumen yang berjarak kurang lebih tiga kilo meter dari Pendopo Kabumian. 

Alunan musik Drumband tampak mengiringi perjalanan mereka sampai lokasi.

"Ini adalah kali pertama ziarah ke makam pahlawan dilaksanakan dengan jalan kaki dari Pendopo Kabumian. Bupati menyatakan, pihaknya sengaja memilih jalan kaki ke lokasi makam untuk kembali mengenang dan merasakan perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah," ujar Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto. 

Lanjut dia, ini sekaligus untuk mengingat sekaligus merasakan bagaimana perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.
 
"Tentu ini belum seberapa dibanding pengorbanan para pahlawan kita yang rela menaruhkan jiwa dan raganya bertempur melawan penjajah," tandas Bupati.

Bupati mencoba mengingat kembali perjuangan para pahlawan dan masyarakat Indonesia pada massa itu yang tiada henti mengeluarkan tenaga, pikiran dan materi untuk meraih Kemerdekaan Indonesia.

"Masyarakat kita dulu keluar masuk hutan, kemana-kemana jalan kaki, mereka berjuang matian-matian untuk bisa meraih kemerdekaan," jelasnya.

Karena itu, sudah sepatutnya kata Bupati, semangat para pahlawan itu bisa terus tertanam dalam jiwa sanubari setiap anak bangsa.

"Tugas kita sekarang adalah menjaga dan merawat apa yang telah diwariskan dari para pendahulu kita. Caranya dengan apa? Bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab," tegasnya.

Tak lupa, di Taman Makam Pahlawan Bupati bersama rombongan melaksanakan tabur bunga dan doa bersama. 

Prosesi tabur bunga dilakukan setelah dilaksanakan upacara penghormatan terhadap para pahlawan yang gugur, dimana Ketua DPRD Kebumen Sarimun bertindak sebagai Inspektur Upacara. 

Pewarta : Lia
 


 
Previous Post Next Post