Upacara Hari Santri di Purbalingga Diikuti 6150 Santri

Foto : Ribuan Santri di Purbalingga Saat Mengikuti Upacara




PURBALINGGA (BANYUMAS POS) - Sedikitnya 6150 santri, hari ini Sabtu 22 Oktober 2022 mengikuti upacara Peringatan Hari Santri 2022 di Alun-alun Purbalingga. Santri brasal baik dari Siswa SMA/SMK/MA, Pondok Pesantren, Organisasi Otonom Muhammadiyah, dan Badan Otonom NU di Purbalingga.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi selaku inspektur upacara menyampaikan amanat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas kepada para santri. 
 
"Pasca kemerdekaan Indonesia, santri tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan, selain juga agama," katanya.
 
Santri sekarang, lanjut dia, telah merambah ke berbagai bidang profesi, memiliki keahlian bermacam-macam, bahkan mereka menjadi pemimpin negara.
 
"Meski bisa menjadi apa saja, santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri," kata Menteri Agama RI yang disampaikan Bupati Tiwi.
 
Ditambahkan pula, santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya.

Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan. 
 
"Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. Apalagi di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk," katanya.
 
Atas nama Pemkab Purbalingga, Bupati mengucapkan selamat Hari Santri 2022. Ia berharap, peringatan ini semakin menambah semangat kalangan santri dalam memajukan bangsa.
 
Tak lupa ia juga menyampaikan terimakasih kepada para alim ulama pimpinan pondok pesantren yang telah berkontribusi di sektor keagamaan, pendidikan dan pembinaan umat.
 
"Kita do'akan semoga para kyai alim ulama dan para pimpinan pondok pesantren di Purbalingga Allah berikan kesehatan, umur panjang dan kekuatan lahir batin untuk mendampingi santriwan santriwati," ungkapnya.
 
Pada upacara kali ini juga diserahkan uang penghargaan kepada para santri maupun pimpinan Pondok Pesantren.
 
Untuk 10 Santri Berprestasi, 15 pesantren pembina UMKM, dan 4 bantuan keuangan untuk TPQ, Masjid, Madin dan Pondok Pesantren.
 
Peringatan Hari Santri 2022, Pemkab Purbalingga menyelenggarakan berbagai acara di alun-alun Purbalingga.
 
Diantaranya Bazar Hari Santri, Festival Hadroh, Konser Musik Religi dan Sholawat Bersama Veve Zulfikar serta Jalan Sehat dan Senam Bersama Santri se Kabupaten Purbalingga. 

Pewarta : Nur S
Previous Post Next Post