e-LIB MEGABARA MTS N 3 BANJARNEGARA DIRESMIKAN

 

Foto : Penandatanganan prasasti peresmian e-LIB megabara oleh Staf Khusus Mentri Agama RI




BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) - Keberadaan perpustakaan madrasah sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Perpustakaan menjadi tempat sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, serta layanan lain. 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau ICT (Information and Communication Teclznology) sekarang telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan global. 

Tidak mau ketinggalan Perpustakaan MTs N 3 Banjarnegara berusaha mengintegrasikan ICT guna membangun dan memberdayakan sumber daya manusia berbasis pengetahuan agar dapat bersaing dalam era global. Perkembangan ICT ini melahirkan sebuah perpustakaan berbasis computer atau digitalisasi perpustakaan.

Baru baru ini (25/10)  MTsN 3 Banjarnegara gelar Grand Lunching Perpustakaan Digital “e-LIB Megabara” dan kelas digital. Menurut Natir, Kepala Madrasah, Perpustakaan digital  dengan alur kerja yang terkomputerisasi dan sumber informasinya dibuat secara digital, serta data basenya sudah terkoneksi dengan internet. 

“e-LIB” dapat diakses secara daring dimanapun dan kapanpun sehingga pengguna lebih nyaman termasuk untuk menunjang pembelajaran daring untuk siswa dan guru.

“Dengan perpustakaan digital pengguna lebih mudah mengakses informasi yang tersedia di perpustakaan digital.


Perpustakaan digital tidak memerlukan perawatan koleksi pustakanya dan tidak perlu mengeluarkan biaya guna menyimpan buku-buku fisik dalam cabinet, jelas Natir.

Peresmian Perpustakaan digital MTS N 3 dihadiri oleh sejumlah pejabat termasuk Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik,  Wibowo Prasetyo, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah,  Musta’in Ahmad, Penjabat Bupati Banjarnegara,  Ketua Komisi IV DPRD Kab. Banjarnegara, serta Kepala Sekolah di kecamatan Rakit.

Wibowo Prasetyo, mengharapkan e-LIB Megabara tidak hanya diakses oleh guru dan peserta didik saja tetapi harus bisa diakses seluas-luasnya oleh publik, serta tidak perlu lagi kartu untuk mengaksesnya. 

“e-LIB Megabara harus bisa diakses seluas-luasnya kepada publik, dan sekaligus akan meningkatkan trafik atau jumlah kunjungan e-LIB Megabara,” ujarnya.

Sampai saat ini Perpustakaan MTs N 3 Banjarnegara memiliki 31436 koleksi buku bacaan baik buku fisik maupun digital dengan jumlah peserta didik 676 anak.

Adapun perolehan prestasi MTS yang terletak di kecamatan Rakit ini adalah sejak Januari 2022 sampai sekarang sebanyak 3018 medali: Tingkat Nasional: 1901, Tingkat Provinsi: 992, dan Kabupaten: 125.

Pewarta : Nur S
Previous Post Next Post