Pemkab Kebumen Selenggarakan Karnaval HUT RI ke-77

Foto : Bupati Kebumen Beserta Jajaran Saat Foto Bersama


KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi, pemerintah Kabupaten Kebumen tahun ini kembali menyelenggarakan karnaval yang dipusatkan di Kota Kebumen. Acara tersebut berlangsung Minggu (21/8) sore.

Diadakannya karnaval tidak lain untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI ke-77 dan sekaligus memperingati perayaan Hari Jadi Kebumen ke 393 yang diselenggarakan tiap tanggal 21 Agustus. 

Sempat tertunda selama dua tahun, karnaval kali ini berlangsung dengan meriah. Ribuan orang dari berbagai wilayah di Kebumen tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilewati karnaval. Sejak siang setelah dzuhur kepadatan juga sudah mulai terasa di alun-alun Kebumen.

Tepat pada pukul 14.00 karnaval dimulai, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto bersama keluarga dan jajaran Forkompimda menaiki kereta kuda dari halaman Pendopo Kabumian menuju Stadion Candradimuka sebagai titik kumpul awal.

Selain Bupati, dan jajaran Forkompimda peserta karnaval terdiri dari instansi lembaga negara, OPD, kecamatan, berbagai macam ormas, sekolah baik tingkat SMA sampai perguruan tinggi, kemudian perusahaan baik swasta maupun BUMD, komunitas, paguyuban dan masih banyak lainnya.

"Kita sangat senang sekali, demikian juga masyarakat tahun ini karnaval bisa kembali diadakan. Ini adalah event tahunan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan dan hari jadi Kebumen, setelah sempat ditiadakan, alhamdulillah tahun ini bisa diadakan, dan masyarakat menyambutnya dengan begitu antusias," ujar Bupati.

Para peserta karnaval tampil dengan gaya dan keunikannya masing-masing, sesuai dengan karakteristik wilayahnya, organisasi, produk dan jasa yang ditawarkan. Misalnya dari komunitas warga Tionghoa yang menampilkan tarian barongsai dan lain sebagainya.

"Kemudian ada arak-arakakan dari tiap-tiap panji-panji kecamatan. Tiap kecamatan menampilkan apa yang menjadi ciri khas wilayahnya, tadi kita liat ada bawa replika perahu, udang, ada cepetan, kuda kepang, ada bawa gunungan, ada tarian kuda, banyak macam-macam," jelas Bupati.

Selain menghibur masyarakat, tentunya dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memberikan multi efek terhadap perputaran ekonomi masyarakat. Karena itu, pihaknya ke depan bakal sering mengadakan event-event yang bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Tentu saja Insya Allah akhir tahun ini kita adakan festival layang-layang di Petanahan, terus kita juga undang group musik papan atas Slank untuk manggung di malam tahun baru," ucapnya.

Diketahui karnaval tahun ini titik kumpulnya di Stadion Candradimuka, kemudian melewati Jl Dr Moehiman, Sarbini, Jalan Pahlawan, Merdeka Utara, Mayjen Sutoyo, Kusuma, Sukarno Hatta dan berakhir di alun-alun Kebumen. 

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post