TMMD ke-114 Wilayah Kodim 0709/Kebumen Resmi Ditutup

Foto : TMMD ke-114 Wilayah Kodim 0709/Kebumen Resmi Ditutup


KEBUMEN (BANYUMAS POS) - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Sengkuyung tahap II tahun 2022 Desa Kabuaran Kecamatan Prembun secara resmi ditutup. 

Pada Upacara penutupan program TMMD tersebut ditandai dengan penyerahan hasil TMMD dari Dandim 0709/Kebumen, Letkol Inf Eduar Hendri sebagai Irup kepada Sekda Kebumen bertempat di lapangan Bedegolan, Desa Kabuaran, Kecamatan Prembun Kebumen, Rabu (24/8/2022)

TMMD dengan tema 'TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI' sebelumnya digelar di Desa Kabuaran Kecamatan Prembun
Kegiatan pra-TMMD sendiri telah dimulai sejak 20 Juli sedangkan pelaksanaan TMMD sendiri dilaksanakan selama lebih kurang satu bulan sejak tanggal 25 Juli sampai 24 Agustus 2022.

Sambutan KASAD yang dibacakan Dandim 0709/Kebumen sebagai Irup mengatakan, bahwa penutupan TMMD Ke-114 TA. 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong-royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selama satu bulan sejak tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022, para prajurit, Pemda dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-114 Tahun Anggaran 2022. 

Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di desa. 

"Sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiel sehingga kegiatan TMMD ke-114 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar," ucapnya.

Pada program TMMD Ke-114 tahun 2022 yang dilaksanakan di wilayah Kodam IV/Diponegoro, telah dikerjakan sasaran fisik, berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur, diantaranya yaitu, pembangunan jalan rabat beton sepanjang 600 meter, lebar 3 meter dan tebal 0,15 meter ditambah pembuatan talud sepanjang 400 meter, serta pembangunan 4 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).


Pencapaian program sasaran fisik diatas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non-fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Penyuluhan Ketentraman dan ketertiban masyarakat, Penyuluhan Prokescegah penularan Covid-19 dan Pencegahan Stunting, Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular. 

Kegiatan ini dibutuhkan dalam rangka membangun serta memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat serta untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan Stunting, ketahanan pangan dan penanganan kesehatan.

"Saya selaku penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ini, terdapat tutur kata, sikap dan tingkah laku para prajurit saya, yang tidak berkenan di hati masyarakat, baik disengaja maupun tidak disengaja," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Kabuaran, Subur Prabowo mengucapkan terimakasih dan apresiasi hasil kinerja program TMMD Sengkuyung II setinggi-tingginya kepada rekan-rekan TNI dan Pemerintah daerah sehingga target pembangunan telah berhasil dicapai. 

Hasil program TMMD ini kedepan sangat dirasakan oleh masyarakat Kecamatan Prembun karena sebagai jalan Penghubung di tiga wilayah kecamatan sekaligus yaitu wilayah Kecamatan Prembun,
Poncowarno dan Kecamatan Kutowinangun.

"Mudah-mudahan dengan pembangunan jalan tersebut dapat meningkatkan perekonomian warga dan mengenalkan wisata religi Sunan kyai Geseng Dukuh Bedegolan yang merupakan makam leluhur dan kami berharap dapat bertahan dan bermanfaat dalam waktu yang lama kemudian juga kepada masyarakat Desa Kabuaran untuk senantiasa memelihara fasilitas umum yang telah dibangun tersebut," ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kebumen, Ahmad Ujang Sugiono, Dandim 0709/Kebumen, Letkol Inf Eduar Hendri, Dansecata Rindam IV/Dipenogoro, Letkol Inf Suratman, Kasiren Korem 072/Pmk, Mayor Inf Andrianto, Wakapolres Kebumen, Kompol Bakti Kautsar Ali dan Kasidatun Kejari Kebumen, Beny Prihatno.

Adapun Panitera Pengadilan Negeri Kebumen, Aryudiwan, Kepala Bapermades Kebumen, Cokro Aminoto, Kasi Humas Kemenag Kebumen, Salim Wasdy serta jajaran Forkopincam Prembun, perwakilan Danramil serta perwira Staf jajaran Kodim 0709/Kebumen, Kades Kabuaran Subur Prabowo beserta perangkat desa. 

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post