Liga Santri 2022 Bergulir, Danrem 071/WK Kick Off di Cilacap

Foto : Suasana Pertandingan Sepak Bola Liga Santri Piala Kasad Tahun 2022 di Cilacap


CILACAP (BANYUMAS POS) - Gelaran Liga Santri Piala Kasad Tahun 2022 bergulir, Danrem 071/Wijayakusuma  Kolonel Inf Yudha Airlangga lakukan kick off menendang bola pertama di wilayah Kodim 0703/Cilacap, Senin (20/6/2022) di Lapangan Sepakbola Jati Persada Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap.

Liga Santri Piala Kasad Tahun 2022 digulirkan secara serentak diseluruh wilayah tanah air ini, dengan di awali Kick Off oleh Kasad Jenderal TNI Dr.Dudung Abdurachman, terpusat di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Untuk wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma, kick off Liga Santri juga dilaksanakan serentak oleh 9 Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma dengan peserta 37 kesebelasan. 

Dari keseluruhan kick off Liga Santri Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma, Kodim 0701/Banyumas diikuti 3 kesebelasan, 
Kodim 0702/Purbalingga 3 kesebelasan, Kodim 0703/Cilacap 3 kesebelasan, Kodim 0704/Banjarnegara 7 kesebelasan, 
Kodim 0710/Pekalongan Kota 2 kesebelasan, Kabupaten 4 kesebelasan, Kodim 0711/Pemalang 4 kesebelasan, Kodim 0712/Tegal Kota 3 kesebelasan, Kabupaten 3 kesebelasan, Kodim 0713/Brebes 3 kesebelasan, dan Kodim 0736/Batang 3 kesebelasan.

Kick off mengawali pertandingan Liga Santri khususnya diwilayah Kodim 0703/Cilacap, dipertandingkan antara kesebelasan dari Pondok Pesantren Metal Tobat Kecamatan Gandrungmangu melawan kesebelasan dari Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kecamatan Kesugihan, Cilacap. 

Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Yudha Airlangga mengatakan, Liga Santri Kodim 0703/Cilacap diikuti 3 kesebelasan, yaitu dari Ponpes Al Ihya Ulumaddin dari Kecamatan Kesugihan, Ponpes Metal Tobat dari Kecamatan Gandrungmangu dan Ponpes Al Hikmah Kecamatan Kawunganten.

"Dari kebelasan-kesebelasan ini, akan kita seleksi dengan sistim setengah kompetisi, pelaksanaannya mulai hari ini, tanggal 20 Juni 2022. Dan apabila juara ditingkat Kodim, mereka akan mengikuti kompetisi di tingkat Korem 071/Wijayakusuma dan selanjutnya di tingkat Propinsi Jawa Tengah. Di tingkat Korem, akan dilaksanakan sistem setengah kompetisi, dengan peserta pemenang dari tingkat Kodim, yang dilaksanakan pada Agustus hingga September 2022," paparnya.

Setelah mereka melaksanakan seleksi dengan sistim setengah kompetisi baik ditingkat Korem maupun tingkat Propinsi, tim yang terbaik akan dikirim ke Jakarta pada September hingga Oktober 2022 untuk mengikuti seleksi tingkat nasional, lanjutnya.


Dikatakan, pelaksanaan seleksi tingkat nasional akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno yang akan dihadiri Bapak Presiden dan Menteri Pemuda dan Olahraga didampingi Bapak Kasad.

Menurut Danrem, tujuan dilaksanakannya Liga Santri yang digagas Bapak Kasad, untuk menjaring bibit-bibit pesepakbola muda terutama dari kalangan santri dan memberikan kesempatan para santri untuk berkiprah membangun sepak bola nasional, karena selama ini yang mengikuti pertandingan ditingkat nasional dari umum dan kurang tersentuh.

Danrem berharap, dengan adanya Liga Santri ini, membuka peluang bagi seluruh pemuda Indonesia yang berasal dari pesantren untuk mengikuti kejuaraan sepak bola.

"Program sepak bola Liga Santri ini, selaras dengan program Kasad yakni agar para santri bisa memberikan kontribusi untuk menjadi prajurit TNI AD. Jadi secara fisik Liga Santri dan secara rekrutmen sudah dibukanya pendidikan Bintara/Tamtama jalur khusus santri dan lintas agama pada Mei 2022," terangnya.

Liga Santri sementara digelar di Tahun 2022, untuk selanjutnya melihat perkembangan dari Liga Santri di PS AD dan PSSI. 

"Hal ini karena kompetisi Liga Santri ini tidak lepas dari peran PSSI dalam rangka mencari bibit-bibit pesepak bola nasional di Indonesia," pungkasnya.

Pewarta : Fadolly
Previous Post Next Post