Kapolres Kebumen Berkunjung ke Kelenteng Kong Hwe Kiong

Foto : Kapolres Kebumen Saat Berkunjung ke Kelenteng Kong Hwe Kiong 


KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Kapolres Kebumen, AKBP Burhanuddin berkunjung ke Kelenteng Kong Hwe Kiong untuk berkenalan dan bersilaturahmi dengan warga keturunan Tionghoa di Kebumen, Rabu (25/5/2022) malam.

Dalam kunjungannya, Kapolres didampingi Pejabat Utama  (PJU) Polres Kebumen yang diikuti unsur Forkopimda Kebumen, Tokoh Agama, dan Tokoh Ormas, baik kelompok mayoritas maupun minoritas. 

Sejumlah tokoh dan pengusaha pun turut hadir antara lain Ketua Yayasan Kong Hwe Kiong yang juga sesepuh paguyuban Sedulur Kebumen, Sugeng Budiawan, dan Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kebumen, Bobyn Subianto. Adapun Lurah Kebumen,  Juniadi Prasetyo dalam silaturahmi tersebut dan saling bersinergi.

Dalam kesempatan itu, para pengusaha pun memperkenalkan diri kepada Kapolres. Dalam moment tersebut mereka saling berbagi cerita dalam pekerjaan, pengalaman dan hobi seperti memancing, bersepeda, badminton hingga golf.

Kapolres juga memperkenalkan diri mulai dari alumnus Akpol 2002, keluarga dan pengalaman berdinas mulai dari Aceh, Lampung, Akpol, Kalimantan Timur, Mabes Polri, Polda Metro hingga di Polda Jateng. 


Diketahui, sebelum menjabat sebagai Kapolres Kebumen, Burhanuddin merupakan perwira asli Jambi dan selama 10 bulan telah menjabat sebagai Kapolres Temanggung.

“Saya kira dari Temanggung masuk ke Kebumen akan panas, ternyata tidak. Di sini adem penuh kekeluargaan,” ujar AKBP Burhanuddin.

Kapolres mengatakan, bahwa di tengah keterbatasan personel kepolisian, pihaknya membutuhkan dukungan dari masyarakat. Salah satunya adalah dengan acara menjadi Polisi untuk dirinya sendiri.

"Jadi Polisi bagi diri sendiri seperti memberikan kunci ganda untuk sepeda motor sehingga meminimalisir aksi kejahatan,” tandasnya

Kapolres juga meminta masukan dari Warga Keturunan Tionghoa saat menyambangi Kelenteng Kong Hwe Kiong. 

Dia menyampaikan perihal penyelesaian tentang permasalahan hukum dengan menerapkan restoratif justice yakni mendorong masyarakat menyelesaikan persoalan hukum di luar pengadilan. 

Sementara itu, Ketua PSMTI Kebumen, Bobyn Subianto menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin yang meluangkan waktunya untuk berkunjung. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada bapak Kapolres yang telah berkunjung ke Klenteng Kong Hwe Kiong ini," katanya. 

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post