Branding Agroindustri, Politeknik Banjarnegara Jalin Kerjasama Dengan Sekolah Vokasi IPB

Foto : Dr Tuswadi Usai Pertemuan Dengan Pihak Sekolah Vokasi IPB Banjarnegara


BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) - Agroindustri Politeknik Banjarnegara Gandeng Sekolah Vokasi IPB Banjarnegara-Program studi D-3 Agroindustri menjadi salah satu destinasi pendidikan diploma bagi lulusan SLTA/sederajat di Politeknik Banjarnergara di Provinsi Jawa Tengah. 

Program studi terakreditasi BAIK oleh BAN PT ini dikelola oleh 8 dosen berpendidikan S-2 dengan fasilitas sarana prasarana termasuk laboratorium yang lengkap dan modern.

Dekan SV IPB berdiskusi kerjasama dengan Direktur Politeknik Banjarnegara Selasa (17/5/2022) untuk menjamin kompetensi profesi bidang pertanian bagi para lulusannya.

Sejak 2019 Agroindustri Politeknik Banjarnegara memiliki kemitraan dengan LSP Pertanian Nasional Malang untuk pembentukan Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan pelaksanaannya mengambil tiga bidang keahlian yakni pembuatan roti, hidroponik, dan pemasaran hasil dan produk pertanian. Sampai 2022 lebih dari 200 alumni TUK Pertanian Politeknik Banjarnegara telah dinyatakan kompeten.

Baru-baru ini, Selasa (17/5/2022) dalam rangka penguatan Agroindustri, Politeknik Banjarnegara menggandeng Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB) yang memiliki 17 program studi D-3 bidang pertanian.

Direktur Politeknik, Dr Tuswadi dan Ketua program studi D-3 Agroindustri, Eko Aprilianto, M. Sc, melakukan pertemuan dengan Dekan SV IPB Prof. Dr Arif Daryanto untuk membicarakan rencana kerjasama.

“Kami punya kepentingan untuk memperkuat profil dan branding Agroindustri Politeknik Banjarnegara dan perlu belajar pada SV IPB yang terbukti sangat maju dan memiliki mahasiswa yang banyak. Kami bersepakat bahwa SV IPB sangat terbuka untuk membantu Politeknik Banjarnegara dalam rangka penguatan D-3 Agroindustri. Sejumlah kegiatan strategis telah kami bicarakan untuk dapat dilaksanakan dalam waktu dekat,” terang Dr Tuswadi.


Dekan Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr Arif Daryanto, M. Ec menjelaskan bahwa untuk meperkuat insitusi yang dipimpinnya dia banyak menggandeng pihak industri sehingga tercipta banyak proyek atau kegiatan yang muaranya makin memperkuat kualitas profil lulusan dan keberlangsungan institusi dengan pendanaan yang terjaga. SV IPB memiliki dua kampus di Bogor dan di Sukabumi. 


“Politeknik Banjarnegara dapat memperoleh akses para doktor dan profesor di kampus kami untuk kegiatan kemitraan bidang akademis seperti kuliah umum, penelitian, atau yang lainnya. Mahasiswa Politeknik juga bisa mengikuti Summer Course di tempat kami sesuai ketentuan. Banyak hal yang bisa dikerjakan untuk kemajuan bersama dalam bingkai Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” jelas Prof. Dr Arif Daryanto, M. Ec.

Usai pertemuan, rombongan Politeknik Banjarnegara dibawa ke sejumlah fasilitas yang dimiliki oleh SV Vokasi yang pembangunannya menggandeng pemerintah maupun pihak swasta.

Pewarta : Nur
Previous Post Next Post