Akibat Hujan Derasx Desa Sirau Terisolir dan Jalan di Siregol Tertutup Bebatuan


PURBALINGGA (BANYUMAS POS) - Hujan Deras Di Wilayah Desa Sirau, Kecamatan KarangmoncolX Kabupaten Purbalingga, dan sekitarnya pada Selasa (5/3/2021) sekitar pukul 17.30 WIB terjadi longsor di beberapa titik. 


Kepala Desa Sirau, Dirun ketika di konfirmasi melalui sambungan seluler membenarkan terjadinya longsor di wilayah Desa Sirau yang terjadi di beberapa titik yang mengalami longsor, di sekitar obyek Wisata Siregol.


"Juga ada lima titik yang terparah di kali erang yang dulu telah mengalami lingsor, untuk longsor kali ini lebih parah," katanya. 


Lebih lanjut, longsor juga terjadi di pemukiman warga dan ada rumah yang retak hinga sementara tidak bisa huni, longsor terjadi di samping Masjid juga menutup jalan. 



"Adanya longsor tersebut Alhamdulillah tidak memakan korban jiwa, kami juga sudah menghubungi pihak-pihak terkait, juga loporan ke Forkompimcam Karangmoncol termasuk ke BPBD Purbalingga," ungkapnya. 


Dia berharap dari pihak terkait segera turun untuk membersihkan material longsoran yeng menutup jalan.


Akibat longsor, jalan sampai tidak bisa dilalui kendaraan baik roda empat atau roda dua bahkan pejalan kaki juga susah untuk melewati tumpukan material batu dan tanah. 


Dirun menambahkan, dengan seringnya terjadi longsor di wilayah Siregol, pihaknya mengajak dan melarang warga masyarakat untuk mengarap hutan tersebut karena mengakibatkan erosi lahan.


"Ingat, rusaknya daratan dan lautan itu karena ulahnya tangan manusia yang tidak bertanggung jawab," pungkasnya. (Nur)

Previous Post Next Post