Ruang Pemuda Kebumen Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar

Foto : Acara Pelatihan Jurnalistik Dasar 



KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Puluhan pemuda di Kabupaten Kebumen mengikuti Pelatihan Jurnalis Dasar yang digelar di Ruang Satpa Pesona Disparbud Kabupaten Kebumen, Sabtu 6 Januari 2024.

Kegiatan yang bertemakan "Build Our Creativity In Journalism" ini bertujuan untuk mencetak jurnalis yang kreatif. Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber Jurnalis Kebumen Talk sekaligus Duta Penggerak Literasi Provinsi Jawa Tengah, Siska Wulandari.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih, Ketua Ruang Pemuda Kebumen, Fathurohman Wahid.

Fathurohman Wahid, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Ruang Pemuda Kebumen ini merupakan wadah bagi generasi muda penerus bangsa untuk menempa diri.

"Ruang Pemuda Kebumen memiliki Tri Motto yakni Creative, Innovative, Collaborative," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini merupakan program dari Ruang Pemuda Kebumen. Istimewanya, pada pelatihan kali ini dihadiri langsung oleh wakil bupati.


“Ini salah satu program dari Ruang Pemuda Kebumen. Alhamdulillah wakil bupati berkenan membuka pelatihan ini. Antusias mahasiswa dan pemuda yang mengikuti acara ini juga cukup tinggi,” ungkapnya.

“Kami rencanakan peserta kegiatan ini dipersiapkan untuk menjadi penulis yang kreatif,” lanjutnya. 

Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih, mengapresiasi kegiatan tersebut dan dalam sambutannya dan menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan langkah positif dalam memberikan pemahaman mendalam kepada generasi muda tentang peran strategis media.
 
"Saya berharap dengan adanya pelatihan ini bisa melahirkan generasi jurnalis yang kreatif, tentunya harus sesuai dengan kaidah jurnalistik. Menulis berita, meskipun itu fakta namun jika tidak menarik maka yang minat orang untuk membaca sedikit," jelasnya.
 
Menurutnya, pelatihan itu tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis dalam dunia jurnalistik, tetapi juga untuk memberdayakan generasi muda agar dapat menjadi agen perubahan yang berperan aktif dalam memajukan Kabupaten Kebumen.

"Semisal dengan mengangkat potensi wisata yang ada di Kabupaten Kebumen," jelasnya.

Dalam pelatihan tersebut, Pemateri Pelatihan Jurnalistik Dasar, Siska Wulandari, mengajak peserta membuat reportase berita kegiatan yang sedang berlangsung. Setelah itu, sejumlah peserta diajak mempresentasikan hasil tulisannya.

"Pelatihan jurnalistik tidak hanya sekadar teori tapi juga harus praktik. Jurnalistik adalah ilmu praktik yang harus terus diasah sehingga menghasilkan karya yang baik," katanya dalam paparannya.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengupas teori-teori terkait struktur berita piramida terbalik yang terdiri dari lead, body, dan info tambahan. Juga terkait unsur 5W+1H yang terdiri dari Who, What, Where, When, Why, dan How. 

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post