MUI Gandeng Perempuan Banyumas Deklarasikan Pemilu 2024 Bermartabat dan Berkeadaban

Foto : MUI Gandeng Perempuan Banyumas Deklarasikan Pemilu 2024 Bermartabat dan Berkeadaban





BANYUMAS (BANYUMAS POS) - Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga, Majelis Ulama Indonesia (PRK MUI) Kabupaten Banyumas bersama Organisasi Wanita Banyumas mendeklarasikan tentang Penyelenggaraan Pemilu 2024 Yang Bermartabat Dan Berkeadaban. 

Deklarasi yang dihadiri oleh Ketua MUI Banyumas KH Taefur Arofat, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas Imam Arif Setiadi, Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Pendikan dan Latihan pada Bawaslu Banyumas Asep Henry Habibuloh, digelar Sabtu (29/7/2023) di Pendopo Si Panji Purwokerto.

Deklarasi atau pernyataan sikap dibacakan oleh Ketua Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga, Majelis Ulama Indonesia (PRK MUI) Kabupaten Banyumas Mieke S. Utami dan diikuti seluruh perwakilan organisasi wanita dan tamu undangan lainya. 

Adapun deklarasi tentang pernyataan sikap dari pemimpin perempuan itu ada beberapa poin. Menurut Mieke wanita Muslimah Banyumas siap menyukseskan pemilihan umum 2024 dan mendorong terciptanya Pemilu yang jujur dan adil.

"Cegah Pemilu yang merusak integritas bangsa, tolak segala bentuk oligarki politik, politik uang, politik identitas, Sara dan ujaran kebencian," katanya.

Peserta deklarasi juga menolak segala bentuk ekploitasi perempuan dan anak dan berharap menjadikan Pemilu menjadi proses rekrutmen kepemimpinan yang memperjuangkan hak dan kepentingan perempuan.

Mengingat jumlah pemilih yang lebih dari 50 persen, perempuan akan menggunakan hak pilih secara profesional, tanpa interfensi dari pihak manapun.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas Imam Arif Setiadi mengaku senang dan menyambut baik atas deklarasi yang diinisiasi oleh Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi deklarasi dari muslimah yang diinusiasi oleh Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Banyumas untuk mewujudkan Pemilu yang bermatabat dan berkeadaban," katanya singkat.

Senada disampaikan Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Pendikan dan Latihan pada Bawaslu Banyumas Asep Henry Habibuloh yang menilai acara sangat bagus karena perempuan Banyumas melalui kelompok organisasi wanita begitu peduli dan menyambut Pemilu mendatang.

"Kami Bawaslu menyambut baik deklarasi tersebut, ini adalah bentuk riil kontribusi Muslimah Banyumas untuk menjadikan pemilu yang bermartabat dan berkeadaban," katanya.

Pewarta : Agus
Previous Post Next Post