Ratusan Warga Desa Petugursn, Tumpah Ruah Menghadiri Acara Sedekah Bumi Atau Ruwatan



Banjarnegara ratusan warga masyarakat Desa Petuguran Rt 03/04 Kec. Punggelan berbondong-bondong menghadiri ruwatan bumi.Rabu 07/06/2023.

Kegiatan akbar yang di adakan satu kali dalam setahun, di hadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan ( FORKOPINCAM) Antara lain, Camat Punggelan, anggota Polsek dan Anggota Koramil 11/PGL, Perangkat Desa dan Lapisan masyarakat.

Dalam sambutanya Camat Punggelan M.Yulianto, SE.M.Si menuturkan " Pentingnya Kerukunan dan gotong-royong dalam bermasyarakat, karena dengan kebersamaan hal yang berat akan terasa ringan.

Sementara itu, ketua penyelenggara kegiatan Kiyai Abdul Warid 55thn Menuturkan "Ruwatan adalah budaya leluhur yang sudah ada sejak zaman nenek moyang, tapi seiring waktu ruwatan kini bergeser materi, karena kegiatan ruwatan di isi dengan.

Pengajian,sholawatan dan tumpengan
Lanjutnya, Ruwatan adalah bentuk rasa syukur umat manusia kepada Alloh SWT dan Bumi atas segala nikmat yang telah di berikan, hingga sampai detik ini kita masih di beri rejeki yang melimpah.Pungkasnya.

Kepala Desa Petuguran Warsono menuturkan bahwa acara ruawata bumi atau yang di kenal di Desa Petuguran itu apit-apit bumi, yang diadakan sateahun sekali setia bulan apit. 

Tujuannya ruatan bumi ini, untuk menunjukan rasa bersyukur kepada Allah SWT dan kita menghormati sesam mahluk Allah, baik yang dialam yata atau yang di alam goib intinya kita ciptakan kebersamaan. 

Karena segalak apapun mahluk Allah jika kita dekati kita rangkul pasti akan jinak, yang akhirnya bisa saling menjaga itu contoh kecilnya. 

Makadari itu denga diadakannya ruatan bumi ini kita berharap Desa Petuguran rakyatnya sesalu aman yaman dan jauh dari musibah," tuturnya.

Pewarta: Nur S 
Previous Post Next Post