Mushola Tertua di Desa Benerwetan, Kebumen Direnovasi oleh Yulianto

Foto : Kondisi Mushola Al-Jannah Usai Direnovasi



KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Mushola Al-Jannah yang berlokasi di Desa Benerwetan, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dulunya kondisinya terlihat sangat memprihatinkan.

Kondisi bangunan diketahui hampir roboh karena kropos dan disaat hujan bocor karena kayu lapuk yang menopang bangunan mushola Al-Jannah. 

Namun, saat ini Mushola Al-Jannah tersebut sudah diperbaiki dan terlihat bagus kembali. Hal itu berkat bantuan dari Yulianto, warga Desa setempat yang peduli dengan memperbaiki mushola itu. 

Hal itu dilakukannya agar mushola tersebut menjadi tempat yang layak untuk beribadah. 

Diketahui, mushola Al-Jannah tersebut dalam asuhan Mutakin dan berusia 64 tahun. Mushola tersebut pertama berdiri di Desa Benerwetan tahun 1968.

Lebih lanjut, pendiri mushola tersebut yakni (Almarhum) Abdulkodir bersama menantunya Ahmadmunsif dan sekarang digantikan oleh Mustakin sebagai generasi ke 3 cucu dari Abdulkodir. 

Mustakin saat ditemui, mengungkapkan, bahwa mushola tersebut tempat yang digunakan warga setempat untuk beribadah. 

Namun, akibat kondisi yang memprihatinkan, lanjut dia, sehingga mengurangi masyarakat untuk datang ke mushola. 

"Alhamdulillah sekarang kondisinya sudah bagus setelah dibantu oleh Yulianto warga setempat yang mau merenovasi mushola tertua di Desa Benerwetan ini. Bersyukur ada yang memperbaiki," katanya, Senin (21/3/2022). 

Sementara, Yulianto menjelaskan, renovasi tersebut berupa perbaikan kerpus atas dan list plang. Kemudian pengecatan, dan pemasangan asbes. 

"Harapannya, di hari Kamis sudah bisa digunakan untuk taraweh bersama masyarakat selama masa puasa ini dan menjadi berkah," ujarnya.

Disisi lain Yulianto mengajak masyarakat untuk menumbuhkan gerakan 'Moro Ning Masjid dan Musholah'. Hal itu untuk membangun masyarakat yang religius. 

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post