Kue Cristal Sweet Hasil Kelompok Binaan Mas Yul Ambal, Lezat dan Enak

Foto : Para Ibu Rumah Tangga Saat Membuat Kue Cristal Sweet



KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Cristal sweet hanya ada di Ambal binaan Mas Yul yang sudah menghasilkan incam bagi Ibu Rumah Tangga (IRT) Ambal.

Diketahui, Cristal Sweet ini adalah kue yang berisi selai hasil olahan dari jambu cristal.

Saat ini jambu cristal harga jualnya sedang turun. Hal itulah yang kemudian diolah menjadi selai berbahan jambu cristal agar tidak terbuang sia-sia. 

Mas Yul asal Kecamatan Ambal ini memberikan terobosan dengan melakukan pemberdayaan berupa pelatihan membuat kue bagi ibu-ibu rumah tangga di wilayah setempat. 

Diawali dengan pelatihan sehari kemudian membuat kelompok untuk memproduksi kue. 

Seperti di Dukuh Krajan RT 02 RW 02 Desa Benerwetan. Ada beberapa kelompok binaan Mas Yul, satu kelompok terdiri dari 5 orang. 

"Kami mendapat pelatihan hanya sehari, lalu langsung praktek membuat kue dan kami memproduksi 50 toples cristal sweet dalam sehari," ungkap Sartini, salah satu IRT binaan Mas Yul kepada wartawan, Jumat (31/3/2023). 

Dengan pemberdayaan ini, menurutnya berdampak positif karena bisa menggunakan waktu yang kosong untuk hal yang lebih berguna.

"Kami sebagai ibu rumah tangga jadi mendapatkan pemasukan setelah usaha cristal sweet ini. Selain itu, kami juga punya kegiatan. Dan usaha ini bisa menambah incam atau pemasukan bagi kami," tandasnya. 

Proses pembuatan kue berbahan jambu cristal itu pertama-tama diserut terlebih dahulu kemudian dimasukan ke wajan. 

"Setelah itu tambahkan gula 1/2 kilo gula apabila kita menggunakan satu kg jambu cristal,tambahkan daun pandan, vanili biar sedap baunya, dan garam secukupnya," jelasnya. 

Kemudian, lanjut dia, diaduk-aduk terus sampai mengental seperti gulali. "Seperti ada rambut-rambutnya dan setelah airnya hilang baru kita angkat," tambahnya. 

Ia mengakui awal pembuatan cristal sweet tersebut terdapat kendala yakni sering kali banyak kekurangan. 

"Tapi karena mas Yul selalu bilang buat saja, dan selalu ok dan ok. Kita semakin berusaha untuk memperbaiki lalu mencari kekurangannya dimana. Dan akhirnya setelah dicoba lama-lama kue cristal sweet ini semakin enak rasanya dan lezat," bebernya. 

Untuk perbedaan, kata dia, bisa dirasakan  di selainya. 

"Stukturnya lebih kasar seperti serabut tapi untuk rasa sama dengan pembuatan nastar selai nanas," ujarnya. 

Harapannya dengan pemberdayaan ini, para ibu rumah tangga yang tidak mempunyai pendapatan, kini menjadi memiliki pendapatan setelah usaha kue cristal sweet tersebut. Dan dan kehidupan mereka menjadi lebih baik.  

Pewarta : Lia

Previous Post Next Post