Hujan Deras Mengakibatkan Tanah Longsor di Sejumlah Tempat di Banjarnegara Utara


Banjarnegata Banyumas Pos  - Hujan deras yang terjadi Kamis sore (30/3/2023) menyebabkan tanah longsor di sejumlah tempat di Wilayah Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah.


Pada Kamis malam, sekitar pukul 19:15 WIB longsor terjadi di sepanjang jalan desa penghubung antar dusun di Kecamatan Punggelan.


Dilaporkan ada 5 titik area dan terparah berada di kawasan hutan oinus milik Perhutani.


Bencana alam ini diawali hujan degan intensitas sedang hingga lebat disertai angin yang terjadi di Desa Mlaya Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara mengakibatkan longsor sehingga menutup akses jalan desa.


Hujan Deras Picu Tanah Longsor di Sejumlah Tempat di Banjarnegara Utara

Akibatnya  jalan tidak dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.


Warga diminta waspada, sementara saat ini tengah dilakukan asesment oleh Destana dan Pemdes setempat.

Dilaporkan juga unsur yang terlibat dalam kegiatan ini Pemdes Mlaya dan PLN Banjarnegara. Mereka adalah Afriyanto, Daryati dan Sarwanto (Pemdes), Aman Didiono dan Eka Santosa (DESTANA)


Sementara lonsor juga terjadi ruas jalan nasional di daerah Slatri, Karangkobar. Tanah lonsor  mengganggu arus lalulintas. Warga diminta hati - hati dan waspada mengingat hujan masih terjadi.

Tampak sejumlah relawan sudah berada di lokasi, namun belum dapat mengambil tindakan karena masih hujan. Dikawatirkan terjadi longsor susulan.


Demikian sekilas informasimasi bencana alam seperti dilaporkan dari berbagai pihak di Banjarnegara Jawa Tengah. 

Adim anggota Banser mengharapkan warga masyarakat harus tetap hati dan waspada jika turun hujan dengan intensitas tinggi terutama warga masyarakat yang bermukim di daerah rawam longsor. 


Pewarta : Nur s

Previous Post Next Post