Festival Petarukan 2023, Angkat Potensi Seni dan UMKM



Pemalang Banyumas Pos - Semarak Festival Seni dan UMKM Petarukan, "Adalah Pemeran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk umum dan lebih khusus masyarakat wilayah Kecamatan Petarukan digelar di Jl Raden Saleh Lingkar Petarukan Kel,Kec. Petarukan, Kabupaten Pemalang, Sabtu (4/2).


Kata Khaerudin Ketua Panitia, Pagi ini dibuka dengan rangkain berbagai kegiatan lomba sekaligus untuk meramaikan para pedagang yang sudah berdagang. Termasuk lomba Jalan sehat yang dilanjutkan pembagian Dooprize, kemudian Santunan anak yatim piatu dan dilanjutkan hiburan Organ Tunggal, hiburan musik dari Pelajar umum, dan hiburan musik PHP Pemalang yang dipusakan di panggung utama tengah arena pasar.


Mudah-mudahan "Festival Seni dan UMKM" yang baru kali pertama di Petarukan semoga sukses, karena prinsip kami sebagai panitia, "adalah ingin mengangkat ekonomi masyarakat kecil, disamping yang bisa layak sewa setan, kami juga memberikan kesempatan bagi para pedagang kecil untuk berpartidipasi. Dengan harapan mereka dapat berkah dengan adanya festival ini, urai Khaerudin.


Menyebutkan sejumlah 110 Kios/Stan yang disiapkan panitia dua puluh Kios untuk penggerak UMKM dari masing-masing desa dan selebihnya untuk pedaganang umum, Pungkas Khaerudin di kantor sekertariatan Panitia, Sabtu (4/2).

Sebagai informasi yang disampaikan Camat Petarukan, besok pada hari Minggu (5/2/2023) rangkaian arak-arakan gulungan 20 tumpeng dari berbagai desa insyaalloh akan dihadiri Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat sekaligus untuk pembukaan Festival Seni dan UMKM 2023 Petarukan.


Camat Petarukan, Drs.Andri Adi,M.Si., mengungkapkan, kegiatan ini merupakan "Festival Seni dan UMKM" Petarukan dengan maksud untuk menggugah dan menunjukan potensi seni yang ada di masyarakat sekita serta mengexplor UMKM dan industri rumah tangga yang sudah menjadi pelaku ekonomi di Kecamatan Petarukan, paparnya.


"Festival Seni dan UMKM" Petarukan ini, untuk menyelenggarakan para pemilik Potensi Seni., diantaranya, Seni suara, termasuk karaoke, musik dangdut, dan bagi kelompok musik Band Pelajar serta Seni gerak, "seperti senam, Dansing, dan Olahraga.


Kemudian berbagai Gendre musik lain, disebut seperti Seni Sintren, Seni pegelaran Wayang dan para penggiat seniman lain, semua itu kita beri sarana panggung untuk tampil dimoment "festival Seni dan UMKM" Petarukan, jelas Andre.


Lebih lanjut disampaikan, dalam rangka kegiatan ini semua aktifitas masyarakat kita pacu dalam bentuk lomba, "Yaitu mulai lomba mewarnai, lomba melukis dan lomba memasak, juga ada lomba fasion termasuk busana. Selain dirangkain itu ada pertemuan para komunitas bunga, komunitas hewan, dan komunitas sepeda onthel.


Selanjutnya inti dari pada kegiatan tersebut, "adalah untuk  menghidupkan para pelaku ekonomi, yang kita bantu beri setan dengan sewa yang tidak mahal agar mereka menunjukan dan berjualan di acara festival yang kita gelar ini.


Mudah-mudahan dengan acara ini para penggerak usaha ekonomi bisa dikenal kembali dan beranjak semangat untuk maju karena setelah 2-3 tahun terpuruk akibat damoak Pademi. Dengan diadakanya acara ini dapat membangkitkan menggugah kembali mereka untuk berusaha, Pungkas Camat Andre kepada Media.  


Pewarta: Nurs/Rae .

Previous Post Next Post