Kreativitas Siswa SMP N 1 Banjarnegara Tumpah di Panen Karya P-5

Foto : Kepala Spensabara Muhammad Masduki Rahmat Menggunting Pita Panen Karya P-5




BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) - Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5) SMP N 1 Banjarnegara (Spensabara) telah berlangsung selama satu triwulan (Agustus-Oktober 2022). P-5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. 

Menurut keterangan koordinator P-5 Spensabara, Dr Tuswadi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning), yang berbeda dengan pembelajaran berbasis projek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. 

“Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila,” jelasnya.

Kamis, 3 November 2022, menggunakan segala bentuk karya yang telah dihasilkan selama 3 bulan, peserta didik kelas VII melaksanakan Panen Karya P-5. Panen karya ini digelar di kelas masing-masing sesuai kreatifitas anak-anak di bawah bimbingan guru koordinator dan wali kelas. 

Kegiatan dibuka dengan pemotongan pita oleh Kepala Spensabara pada upacara pembukaan Panen Karya diikuti oleh seluruh peserta didik dan dewan guru.

“Dengan mengucap bismillahirohmanirrohim, dengan ini secara resmi Panen Karya P-5 Tahap 1 Kelas VII Tahun Pelajaran 2022/2023 dibuka,” ucap Kepala Sekolah diiringi tepuk tangan hadirin.


Lantas dewan guru melakukan kunjungan ke setiap kelas untuk menyaksikan berbagai karya yang digelar diikuti oleh peserta didik kelas VIII dan IX secara bergiliran.

Setiap kelas tampil prima. Ruang kelas dihias sebagai ruang pameran bertema “Aku Sehat, Indonesia kuat”. Ada kelas yang dirubah menjadi mirip hutan, kampung, dan panggung pertunjukkan. 

Lebih dari 100 karya dari kelas VII.A-VIIH dipamerkan seperti poster, artikel, makalah, presentasi ppt, dan video pendek.

“Selamat datang di karya 2. Di sini kami mengkampanyekan tata cara menggosok gigi yang benar,” Ucap salah satu siswa di kelas VIIC sembari menunjukkan poster di meja pameran. 

Di meja pamer lainnya siswa berujar di hadapan pengunjung, “Kita harus pandai merawat alam. Tidak boleh membuang sampah plastik sembarangan. Lihatlah gambar ini—kura-kura mati karena menelan sampah plastik yang sampai ke laut.”

Dalam Panen Karya setiap produk yang digelar dijelaskan arti dan maknanya sehingga para pengunjung mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan. Terdapat pula kelas yang menampilkan seni tari, baca puisi, dan menyanyi untuk menghibur pemirsa yang datang silih berganti mengunjungi setiap stand karya.

“Dalam Panen Karya banyak keterampilan dikuasai oleh peserta didik—seperti public speaking, seni, kerjasama, tata cara menerima tamu, dan masih banyak lagi. Jiwa kesatuan korps sangat tampak hari ini,” kata Haryani Tri Pangestuti, ketua Panitia Panen Karya P-5.

Pewarta : Nur S
Previous Post Next Post