MTs N 3 Banjarnegara Merilis English for Global Teens

Foto : Founder Rumah Pintar Saat Tandatangan MoU Kerjasama



BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) - Pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah memerlukan lompatan besar agar para lulusan sekolah setingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) memiliki keterampilan dasar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris secara aktif. 

Hal ini mengingat sampai saat ini jarang ditemukan luaran Madrasah dan sekolah umum lainnya yang pintar berbahasa Inggris secara lisan. 

Kepala MTs N 3dan Founder Rumah Pintar Tandatangani MoU Kerjasama
Untuk memfasilitasi peserta didik yang memiliki minat tinggi dalam penguasaan bahasa Inggris, MTs N 3 Banjarnegara di Rakit hari ini (15/10) melaunching “Program English for Global Teens” menggandeng Rumah Pintar Dr Tus. 

Nathir, M.Pd selaku Kepala Madrasah mengatakan, terobosan ini diyakini akan meningkatkan motivasi peserta didik di sekolahnya dalam menguasai bahasa Inggris.

“Program ini melengkapi proses pembelajaran bahasa Inggris yang mungkin terbatas dalam hal exposure peserta didik berlatih berbahasa Inggris lisan--pembelajaran bahasa di kelas cenderung menitikberatkan membaca pemahaman (reading comprehension). English for Global Teens memungkinkan peserta didik aktif berbicara bahasa Inggris,” jelas Nathir.

Untuk tahap pertama terseleksi sebanyak 16 peserta didik dari kelas VII-IX dan mereka akan berlatih intensif satu kali seminggu di bawah mentor profesional dari Rumah Pintar Dr Tus. 


Dalam upacara penandatanganan MoU dan perilisan Program, Dr Tuswadi, Founder Rumah Pintar menuturkan bahwa belajar bahasa Inggris yang menitikberatkan kemampuan berkomunikasi sejak dini itu sangat penting sehingga ketika dewasa anak-anak sudah mahir dan bisa studi lanjut atau meraih beasiswa studi di dalam dan luar negeri.

“English for Global Teens bukan program biasa—kami set menjadi wahana yang super efektif membuat siswa mampu berkomunikasi lisan dan tulis dalam bahasa Inggris—ada dua kegiatan pokok setiap latihan yakni drilling (menirukan) dan presentasi berbahasa Inggris. Bahkan anak-anak akan kami bawa kreatif membuat film pendek berbahasa Inggris sesuai tema pada setiap pertemuannya. Jadi pelatihan ini berbasis produk (hasil karya),” ujar Dr Tuswadi.

Untuk memastikan program tersebut berjalan dengan baik dan efektif Rumah Pintar Dr Tus menerjunkan dua mentor bahasa Inggris yang telah teruji pintar dan lancar berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

"Kami datangkan 2 pengajar khusus yang benar-benar mahir bahasa Inggrisnya sehingga menjadi model yang tepat bagi anak-anak untuk aktif belajar,” kata Dr Tuswadi. Harapannya setelah 3 tahun anak didik mengikuti Program Global English for Teens, mereka akan mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris," katanya. 

Dr Tuswadi optimis tarjet ideal setelah dua tahun berjalan mereka kelak bisa tukar budaya Indonesia dan Islam dengan masyarakat internasional serta mampu berprestasi dalam perlombaan-perlombaan tingkat nasional.

"Dan internasional yang membutuhkan bahasa Inggris termasuk Olimpiade Sains,” sambung Dr Tuswadi. 

Komite MTs N 3 melalui Ketua Drs. Maghful yang turut hadir dalam kegiatan hari ini sangat mendukung perilisan program pertama di Banjarnegara ini. Pihaknya yakin Program Global English for Teens akan turut mendongkrak mutu proses dan hasil pendidikan di Madrasah.  

Pewarta : Nur S
Previous Post Next Post