Danramil Bawang Lakukan Ubinan di Desa Binorong, Banjarnegara

Foto : Danramil Bawang Saat Melakukan Ubinan di Desa Binorong



BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) - Danramil 10/Bawang, Kapten Inf Aminudin, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Bawang, Babinsa dan kelompok tani tiga serangkai melaksanakan Ubinan jagung asia Gold 77 di lahan demplot seluas 2 Ha milik TNI AD di Desa Binorong, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Selasa (18/10/22).

Ketua PPL Bawang, Suparti .SP menyampaikan, Ubinan adalah salah satu metode dalam dunia pertanian. Untuk mengetahui perkiraan dari jumlah hasil yang akan di dapat pada saat panen. 

Kata dia, Ubinan dapat di terapkan pada budidaya tanaman padi, jagung dll, dengan cara sederhana, kita cukup mengukur berapa meter untuk dijadikan sebagai tolak ukur atau perwakilan dari jumlah hasil per petak yang ingin di ketahui hasilnya. 

"Jadi metode pengubinan ini petani akan mengetahui perkiraan hasil panen jagung mereka sebelum di petik seluruhnya," ungkapnya.

Danramil 10/Bawang, Kapten Inf Aminudin mengungkapkan, bahwa dalam rangka mendukung tercapainya program pemerintah. Kegiatan Ubinan yang di laksanakan bersama dengan PPL untuk mengetahui berapa jumlah hasil dalam satu hektar. 

"Hasil ini untuk dijadikan tolak ukur tingkat keberhasilan. Selain itu hasil Ubinan bisa di jadikan patokan. Untuk menentukan langkah yang di lakukan untuk memberikan masukan kepada para petani dalam menanam jagung berikutnya,” jelasnya.


Pewarta : Nur S
Previous Post Next Post