Desa Kalirejo, Kebumen Dicanangkan Sebagai Kampung Pancasila

Foto : Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Kalirejo, Kebumen



KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Kodim 0709/Kebumen secara resmi mencanangkan Desa Kalirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah sebagai Kampung Pancasila. 

Desa Kalirejo dicanangkan sebagai kampung pancasila dikarenakan desa tersebut mempunyai tingkat kemajemukan masyarakat dan terdiri dari berbagai macam penganut agama dimana toleransi warga desa cukup tinggi.

Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto diwakili Kepala Dinas PMD Kebumen, Cokro Aminoto di Balai Desa Kalirejo, Minggu (28/8/2022). 

Kemudian, dilanjutkan penyerahan miniatur pancasila oleh Dandim 0709/Kebumen, Letkol Inf Eduar Hendri kepada Kepala Desa Kalirejo, Khaerudin didampingi Duta pancasila dan Forkopimcam Kebumen.

Dalam sambutannya, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto diwakili Kepala Dinas PMD Kebumen, Cokro Aminoto mengapresiasi tinggi dengan dicanangkannya kampung pancasila di Desa Kalirejo, Kecamatan Kebumen. 

"Penanaman dan penghayatan nilai-nilai sertafalsafah Pancasila, merupakan sebuah langkah penting yang harus senantiasa kita lakukan secara berkesinambungan, untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, sekaligus demi memperdalam rasa cinta tanah air," katanya. 

Menurutnya, pembentukan paradigma yang tepat terhadap dasar negara Pancasila menjadi makin penting untuk dilakukan. 

Hal tersebut seiring dengan masuknya arus globalisasi serta banyaknya ideologi yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, dari seluruh penjuru dunia, khususnya kepada generasi muda. 

"Memahami esensi dan arti penting dari nilai-nilai pancasila hendaknya dilakukan secara menyeluruh sehingga tidak hanya makna tersurat saja yang kita pahami dan makna yang tersirat yang terkandung di dalam pancasila saja," ujarnya. 

Lanjut dia, pembentukan kampung pancasila ini merupakan hal yang positif untuk bisa diimplementasikan di segala bidang di kehidupan dimasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dikatakannya, pancasila sebagai ideologi bangsa harus dijiwai dan diterapkan dalam kehidupan berbangsa sehari-hari, menelisik sejarah, bangsa Indonesia dengan berbagai latar belakang suku, agama, budaya, adat-istiadat dan bahasa telah hidup berdampingan secara damai selama berabad-abad.


Demikian pula Kabupaten Kebumen yang dihuni oleh masyarakat berlatar belakang
suku, budaya, dan agama yang variatif. Sebagai ideologi negara, pancasila menjadi pondasi dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

"Sejalan dengan itu, semboyan bangsa 'Bhinneka Tunggal Ika' yang tidak dapat dipisahkan dari pancasila, hendaknya membuat kita menyadari dan menerima takdir semua keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam pengamalan ya harus mengedepankan nilai persatuan dan kesatuan," tandasnya.

Sementara, Dandim 0709/Kebumen, Letkol Inf Eduar Hendri berharap desa Kalirejo, Kecamatan Kebumen nantinya sebagai desa pelopor pelaksanaan nilai-nilai luhur pancasila sekaligus sebagai contoh bagi desa lainnya di wilayah Kabupaten Kebumen.

Hal ini, kata dia, sejalan dengan arahan KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang sejak menjabat Pangdam Jaya sudah menerapkan Salam Pancasila sampai pada tingkat Babinsa (Bintara pembina desa). 

"Untuk menjaga nilai-nilai pancasila tersebut, maka kita perlu gunakan pendekatan kepada masyarakat yang salah satunya yakni dengan membumikan pancasila melalui deklarasi Kampung Pancasila," ujarnya. 

Dijelaskannya, kegiatan bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, baik melalui, musik, seni budaya, keragaman adat, kuliner dan olah raga, adalah arah mengangkat kearifan lokal desa, dengan begitu Pancasila akan melekat di hati masyarakat.

"Sasaran yang ingin dicapai dalam pencanangan kampung pancasila ini adalah, terciptanya kondisi masyarakat yang mampu mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, khususnya bagi generasi muda," terangnya. 

"Semoga Desa Kalirejo semakin maju, makmur, sejahtera dan masyarakatnya semakin guyub rukun dalam mengawal perbedaan yang ada," ucapnya. 

Dia berharap masyarakat Kampung Pancasila harus memiliki peran aktif membantu pemerintah desa, untuk bersama-sama menghidupkan masyarakat sesuai dengan jenjang masing-masing sehingga dapat dirasakan nuansanya. 

"Untuk itu warga kampung pancasila supaya dapat menguasai semua potensi kearifan lokal untuk dijadikan potensi kekayaan budaya bangsa," pintanya.

Selanjutnya, Kepala Desa Kalirejo, Khaerudin mengapresiasi tinggi dan menurutnya, ini merupakan suatu kehormatan bagi desanya karena ditunjuk menjadi duta kampung pancasila di Kecamatan Kebumen. 

"Semoga apa yang telah dipercayakan kepada kami dapat kami laksanakan dengan baik dengan semaksimal mungkin untuk melaksanakan dalam menjaga kebhinekaan dan mengimplementasikan pancasila dalam kehidupan sehari-hari," katanya. 

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post