Dandim Kebumen Hadiri Upacara HUT RI ke-77

Foto : Dandim Kebumen Hadiri Upacara HUT RI ke-77


KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Dandim 0709/Kebumen menghadiri Upacara dalam rangka Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-77 dengan tema 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat', bertempat di Halaman pendopo kabumian Rumah dinas Bupati Kebumen, Rabu (17/8/2022).

Dalam kesempatan itu, bertindak sebagai Inspekktur Upacara, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Kebumen, Ahmad Ujang Sugiono, Ketua DPRD Kebumen, Sarimun, Dansecata Rindam IV/Diponegoro, Letkol Inf Suratman, Kepala Pengadilan Negeri Kebumen, Agung Aribowo, Pimpinan OPD Pemda Kebumen, Pimpinan BUMN dan BUMD Kebumen serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto pada Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-77 bahwasanya, akhir-akhir ini ramai sekali ceramah seorang yang melarang kita untuk berteman dengan orang dari agama lain. 

"Bapak Ibu saudaraku sekalian dari ceramah itu kita jadi tahu ternyata kita belum selesai dengan urusan dapur sendiri dan itulah PR terbesar yang mesti segera kita selesaikan," ucapnya. 

Sudah 77 tahun negara kesatuan republik Indonesia merdeka masih ada ungkapan seperti itu 77 tahun kita diajari bahwa negara memberikan kebebasan kepada kita semua untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut kepercayaan masing masing pula dan keBhinekaan kita harus tetap dijaga.

Dari itu kata kuncinya adalah jangan sekali-sekali melupakan sejarah jas merah adalah tauladan lengkap kaca benggala besar bagi kita untuk merumuskan dan menentukan sikap hari ini sekaligus menata kita untuk masa depan. 

"Sungguh tidak terbayangkan apa jadinya kita saat ini jika para pendahulu kekeh ngotot dengan ego golongannya masing masing negara kita tidak akan berdiri karena mereka bertekad demi tegaknya negara kesatuan Indonesia dan masih banyak sekali teladan yang disajikan dalam sejarah tentang kiprah inklusif Para founding father republik ini," ujarnya. 

Memang menyakitkan jika saat ini kita masih melihat polarisasi dalam kehidupan kebhinekaan ibarat punya ladang dengan tandonan ijo royo-royo kita pasti tidak rela jika beberapa pohon diserang hama kita pasti tidak bisa diam membiarkan hama itu semakin meluas menyerang semua tanduran sehingga kita gagal panen bahkan memupuskan harapan Kita sebagai petani maka harus kita tebar obat pembasmi hama harus kita semprotkan demi kemakmuran.

"Kita memang tidak kuasa menghindari masalah tapi kita punya sejuta daya untuk menghadapi dan mengatasi dalam segala Skala makro presiden Joko Widodo telah memberikan contoh bagaimana agar kita mampu menghadapi sekaligus mengatasi berbagai krisis mulai dari krisis kesehatan karena pandemik maupun krisis pangan,energi serta keuangan yang lahir karena dampak peperangan Rusia Ukraina bahkan dalam pidato kenegaraan dengan DPR/ MPR kemarin belum menyampaikan saat Indonesia berada pada puncak kepemimpinan dunia," ungkapnya.

Hal serupa juga di sampaikan Dandim 0709/Kebumen, Letkol Inf Eduar Hendri bahwasanya, dalam rangka Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77 di Kabupaten Kebumen, Semoga bangsa Indonesia bisa tumbuh Lebih cepat dan bangkit Lebih kuat.

"Tujuannya agar kita bisa meraih kemerdekaan yang sesungguhnya demi kemakmuran dan kemajuan rakyat dan bangsa Indonesia," pungkasnya.

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post