Bhabinkamtibmas Dilibatkan Pantau PMK di Kebumen

Foto : Anggota Bhabinkamtibmas Saat Meninjau Sapi



KEBUMEN (BANYUMAS POS) -  Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di Jawa Timur dan Jawa Tengah, ditanggapi serius Polres Kebumen, Polda Jawa Tengah. 

Melalui Bhabinkamtibmas yang tugas di tiap-tiap Desa, Polres Kebumen melakukan pemantauan pergerakan virus PMK ke sejumlah kandang sapi.

Dijelaskan Kasubsi Penmas, Aiptu S Catur Nugraha, bahwa pemantauan tersebut dilakukan sekaligus untuk mengetahui kesehatan ternak di wilayah Kebumen. 

"Yang paling dekat dengan masyarakat adalah Bhabinkamtibmas. Melalui Bhabinkamtibmas yang ada di tiap-tiap desa, kita monitor secara langsung kesehatan ternak," kata Aiptu Catur, Jumat (13/5/2022).

Lebih lanjut, dalam pemantauan tersebut juga melibatkan dinas terkait yang mengetahui secara persis gejala penyakit PMK yang menjangkit.  

"Penyakit ini secara khas ditandai oleh adanya bagian pada mulut dan kuku yang melepuh pada hewan ternak berkuku belah (ruminansia), seperti sapi, kerbau, kambing dan babi," bebernya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Kementerian Pertanian menegaskan bahwa penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.

Selain melakukan monitoring, Bhabinkamtibmas juga mengingatkan para pemilik hewan ternak untuk menjaga kebersihan kandang sebagai bentuk ikhtiar kesehatan ternak.

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post