Sentuhan Hati Dari The Power Women di Hari Kartini Untuk Tan Soen Nio

Foto : PSMTI Kebumen Saat Bertemu Tan Soen Nio


KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Aksi Bedah rumah selama 3 Minggu PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa) Kebumen memberikan kejutan di Hari Kartini dengan hadiah serah terima kunci bedah Rumah Tidak Layak  Huni (RTLH) bagi warga tidak mampu di Gombong yang ke-7 di gang Pondang RT05 RW 04 Wonokriyo menjadi rumah yang bersih, bagus dan layak huni di Gombong, Kamis (21/4/2022).

Acara ini di hadiri oleh ketua PSMTI cabang Gombong, Christin Candrayani, Muncul Grup, Santoso Budiawan, Hotel Permata, Johan, para Tokoh Masyarakat, RT 05 decatur Anto sesepuh, serta Thomas selaku Tokoh Agama dan pemerhati lingkungan di dukuh gang kepodang.

Berawal dari informasi tokoh masyarakat Emi memberikan informasi kepada Sugeng Budiawan  Penasehat PSMTI dan Sesepuh Sedulur Kebumen bahwa ada rumah tidak layak huni di gang Pondang RT 05 RW 04 Wonokriyo Gombong, seorang wanita berumur 82 tahun bernama Tan Soen Nio berkebutuhan khusus bisu tuli, dan tinggal seorang diri di rumah yang tidak layak huni,dan tidak sehat,rumah beralaskan tanah dan atap yang bocor ditambah tidak adanya sanak saudara yang dekat.

Kemudian Sugeng Budiawan menginformasikan kepada Bobin Ketua PSMTI Kebumen sehingga berinisiatif untuk Bedah rumah karena keguyuban, untuk menjadi rumah yang indah,sehat,dan bersih yang layak huni.

Bobbyn Soebiyanto menjelaskan, bahwa Bedah rumah ini karena keguyuban,dan PSMTI di kecamatan Gombong yaitu srikandi-srikandi kita juga luar biasa.

"Anggaran yang dikeluarkan PSMTI untuk bedah rumah Tan Soen Nio sekitar Rp 25 juta dan tambahan dana dari keluarga Tan Soen Bio sekitar Rp 50 juta,jadi total keseluruhan dana bedah rumah Rp 75 juta," jelasnya.



Pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih kepada teman-teman dan ketua PSMTI Kecamatan Gombong Chrstine yang telah menginformasikan sehingga akhirnya bedah rumah PSMTI yang ke-7 bisa terealisasi dengan cepat.

Bobbyn Soebiyanto juga menambahkan, dengan mengetuk hati keluarganya,bahasa Tionghoa nya 'Chen Bu Hau Ie She' dan dengan The Power Women yang bisa menyentuh hatinya yang ada di luar kota dengan cara menginformasikan lewat Hp Android ke saudara Tan Soen Nio.

"Alhamdulillah ternyata sangat mendukung dan mensport tambahan biaya bedah rumah dari Tan Soen Nio untuk direhab, diperbaiki dan dibangun menjadi layak huni,ujarnya," ujarnya. 

Yang luar biasa lagi tetangga Tan Soen Nio bernama Jupri seorang laki-laki yang mempunyai belas kasih kepada Tan Soen Nio yang sudah dianggap seperti ibunya sendiri.

"Pak Jupri pengusaha tempe juga setiap harinya merawat, memperhatikan dan selalu memberikan makan hari-hari Tan Soen Nio. Sambil menangis yang tidak bisa tertahankan,Juk mengatakan banyak terimakasih kepada seluruh Donatur PSMTI yang sudah ikut memperhatikan Tan Soen Nio," ungkapnya.

Tan Soen Nio yang diwakilkan oleh Kristin Candrayani menyampaikan rasa bersyukur dan terimakasih banyak karena gak menyangka bisa mempunyai rumah yang bagus dan layak huni,Rasa bahagia yang dirasakan disaat ditanya oleh wartawati dengan bahasa isyarat.

Lurah Wonokriyo Gombong, Karsono juga mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh PSMTI dari Kebumen dan PSMTI Kecamatan Gombong dan para donatur yang sudah ikut membantu dan memperhatikan masyarakat kecil.

"Sehingga warga saya bisa mempunyai rumah yang sehat,bersih dan layak di huni," pungkas Karsono. 

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post