Danrem Wijayakusuma Dampingi Pangdam IV/Diponegoro Resmikan Tiga Jembatan Gantung Merah Putih di Brebes


Brebes - Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Jamaluddin,  S. I. P.,  dampingi Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, meresmikan tiga jembatan gantung di Kabupaten Brebes, Selasa (28/5/2024).


Peresmian ketiga jembatan gantung itu,  dilaksanakan seusai Pangdam IV/Diponegoro melaksanakan panen padi dan tanam padi di Desa Kalilangkap Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. 


Ketiga jembatan yang diresmikan yakni Jembatan Gantung Merah Putih I di Dukuh Wadasgumantung, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong. Kemudian Jembatan Gantung Merah Putih II di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu dan Jembatan Gantung Merah Putih III di Dukuh Cisaat, Kecamatan Bantarkawung.


Peresmian dipusatkan di Jembatan Merah Putih II Kalinusu. “Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan Jembatan Gantung Merah Putih I, II dan III. Mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat," kata Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi sambil membunyikan sirene panjang sebagai penanda beroperasinya ketiga jembatan tersebut.



Ketiga jembatan tersebut, dibangun atas prakarsa Kodim 0713/Brebes melalui Gerakan Tangan Tuhan, yang didukung Pemkab Brebes.


Pangdam berharap, kehadiran tiga jembatan tersebut dapat memperlancar mobilitas dan memangkas waktu tempuh antardesa yang sebelumnya harus memutar jauh karena terpisah oleh sungai.


"Dengan adanya ketiga jembatan ini, akan bernanfaat bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Karena itu, kami meminta jembatan yang sudah dibangun ini dapat dijaga dan dirawat dengan baik," katanya.


Pangdam menambahkan, kegiatan peresmian jembatan tersebut sudah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo.


"Bapak Presiden sangat mensupport kegiatan ini. Mudah-mudahan nanti kita bisa berbuat lebih banyak lagi untuk masyarakat yang ada di Jawa Tengah," katanya.


Peresmian jembatan dihadiri Danrem Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Jamaluddin, Pj Bupati Brebes, Iwanuddin Iskandar, Kapolres AKBP Guntur Muhammad Tariq dan Dandim 0713 Brebes Letkol Inf Sapto Broto.


Kades Kalinusu, Wasid, mengatakan, kehadiran jembatan merupakan jawaban atas penantian panjang warganya yang selama ini harus menyeberangi sungai atau memanfaatkan jasa perahu penyeberangan.


"Bertahun-tahun warga memimpikan adanya jembatan. Alhamdulillah mimpi itu kini telah terwujud. Terimakasih TNI dan Pemkab Brebes," kata Wasid. (dl).


Previous Post Next Post