Dua Anak SD Ikuti Turnamen Catur Non Master yang Digelar DPC PDIP Kebumen

 

Foto : Turnamen Catur Non Master yang Digelar DPC PDIP Kebumen



KEBUMEN (BANYUMAS POS) - DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kebumen mengelar acara syukuran dengan Open Turnamen Catur Non Master di Aula DPC, Minggu (10/3/2024). Adapun selaku Ketua Panitia Toyib dan Ketua Pelaksana Heru Riyanto. 

Kegiatan tersebut diikuti 76 pemain catur dari kota Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara,dan Purworejo. Tampak hadir Wakil Bupati Kebumen Rismawati. 

Lebih lanjut, Turnamen Catur Non Master tersebut dibuka dengan ditandai melangkahkan 2 catur yang dimainkan oleh pecatur Anugerah dan Ridho.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kebumen Rismawati menyampaikan, bahwa Turnamen Catur Non master ini diadakan dengan tujuan menjalin silaturahmi, mencari bibit dan meningkatkan prestasi pecatur.

Selanjutnya, Rismawati juga menyampaikan ucapan rasa syukur atas hasil Caleg PDI Perjuangan Utut Adianto masih tinggi dalam pada Pileg 2024 kemarin. 

"Mohon doanya supaya DPC PDI Perjuangan mempunyai Aula yang lebih besar lagi," ungkapnya.

Dalam Turnamen Catur tersebut ada hal yang menarik, dimana ada peserta yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) yaitu anak kelas 2 dan kelas 5 SD. Seperti Runa kelas 2 SD dari Bandung kidul dan Rafandra berumur 11 tahun dari Purworejo. 


Rafandra sejak satu tahun ini telah beberapa kali mengikuti lomba catur seperti di Popda dan di Tingkat Kecamatan. Dan baru kali ini ia mengikuti Turnamen di Kebumen. "Rafrandra selalu berprestasi di sekolah dan kemarin mendapatkan rengking 2," katanya.

Sementara Runa mengikuti catur juga sudah satu tahun lamanya. Ia diketahui juga pernah mengikuti lomba di Kabupaten Cilacap juara 1, kemudian di Provinsi juara 2 dan di 3 kali mengikuti lomba catur di Jogja dan selalu juara 1. "Runa ini anak hebat dan cita-citanya ingin menjadi polwan," katanya. 

Diketahui, bermain catur secara teratur dapat meningkatkan keterampilan kognitif seperti pemecahan masalah, perencanaan, analisis, dan kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat. 

Catur juga melibatkan berpikir kreatif dalam menemukan langkah-langkah yang efektif untuk mengalahkan lawan.

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post