Salurkan Penggemar Merpati, Danrem Wijayakusuma Buka Lomba Merpati Terbang Tinggi

Foto : Danrem 071/WK buka lomba merpati tinggi



BANYUMAS (BANYUMAS POS) - Dalam rangka menyemarakkan hari jadinya yang ke-62, Korem 071/Wijayakusuma bekerjasama dengan PMTI Banyumas, menggelar kejuaraan merpati terbang tinggi, Sabtu (2/9/2023).

Kejuaraan merpati terbang tinggi ini, diselenggarakan Korem 071/Wijayakusuma di dua wilayah yakni di wilayah selatan di Desa Wlahar Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas dan di wilayah Utara di Desa Pendowo Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang.

Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma saat membuka kejuaraan di Desa Wlahar Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas mengatakan, lomba merpati tinggi ini dilaksanakan kerjasama Korem 071/Wijayakusuma dengan PMTI Banyumas sebagai ajang untuk meningkatkan tali silaturahmi dan menjalin persaudaraan diantara para penggemar dan penghobi merpati dengan Korem 071/Wijayakusuma. 

"Sehingga dengan demikian, akan terbentuknya komunikasi yang baik antara Korem 071/Wijayakusuma dengan para pecinta merpati yang ada di wilayah Banyumas dan sekitarnya," ujar Danrem. 

"Kegiatan sangat positif, hal ini karena dapat memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa, selain itu juga sebagai ajang untuk menyalurkan hobi bagi para penggemar burung merpati," terangnya.

Menurutnya, dengan adanya hobi yang sama, maka akan dapat menyatukan perbedaan yang ada diantara mereka, selain itu secara tidak langsung hobi itu merupakan salah satu alat pemersatu bangsa.


Danrem juga mengungkapkan, tujuan diselenggarakan kegiatan ini selain sebagai alat pemersatu, juga untuk membantu peningkatan kesejahteraan dan perekonomian bagi warga sekitar dimana kegiatan ini berlangsung.

Danrem berharap tidak hanya di momen ulang tahun satuan TNI saja, namun kebersamaan antara TNI dan rakyat harus terus dipupuk dan ditingkatkan pada momen-momen lainnya. Sebab, TNI tanpa rakyat tidak ada apa-apanya, karena rakyat ibu kandung TNI.

"Mari kita kuatkan dan kokohkan rasa kebersamaan dan persatuan kita ini, agar kebersamaan dan rasa persatuan kesatuan kita semakin kokoh dan kuat untuk keutuhan NKRI, agar bangsa ini tidak terpecah belah oleh kekuatan lain," ajaknya.

Adapun kelas lomba burung merpati terbang tinggi yang dilombakan yaitu kelas Utama dan kelas Ring, dengan total peserta lomba 1.070 peserta dari berbagai komunitas penghobi maupun peternak burung merpati baik dari wilayah eks Karesidenan Banyumas dan Pekalongan bahkan dari Jawa Barat dan Yogyakarta.

Dalam kegiatan tersebut Danrem 071/Wijayakusuma juga melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pemberian bantuan sembako kepada masyarakat sekitar arena lomba. Hal ini dilakukannya sebagai bentuk tali asih dan rasa syukur atas ulang tahun ke 62 Korem 071/Wijayakusuma.

Pewarta : Fadolly
Previous Post Next Post