Rapat Paripurna Peringati Hari Jadi Kebumen ke-394

Foto : Rapat Paripurna Peringati Hari Jadi Kebumen ke-394





KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Rapat paripurna Memperingati Hari ini tidak seperti biasanya. Kali ini rapat paripurna dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke-394. 

Selain itu, menggunakan pakaian adat. Rapat berlangsung di Gedung DPRD Kebumen pada Senin (21/8/2023). 

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kebumen H. Sarimun didampingi Bupati Kebumen, H. Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Hj. Ristawati Purwaningsih serta diikuti Forkopimda Kebumen beserta OPD dan lainnya. 

Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto dalam sambutannya menyampaikan, peringatan Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke-394 yang diperingati pada tanggal 21 Agustus 2023 dan dipusatkan di Pantai Logending Kecamatan Ayah. 


"Hari Jadi Kabupaten Kebumen ini mendasarkan pada peristiwa bersejarah yang dapat dijadikan keteladanan, maka peristiwa dimana Kiai Bodronolo membantu penyediaan dan perbekalan pasukan Sultan Agung dalam menyerang Batavia merupakan suatu peristiwa penting yang bisa dijadikan sebagai teladan," kata Bupati. 

"Dalam konteks kebangsaan saat ini, apa yang dilakukan oleh Ki Bodronolo dalam membantu Sultan Agung memerangi VOC Belanda merupakan perwujudan bentuk nasionalisme sebagaimana termaktub dalam Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 3 Tahun 2018 tentang Hari Jadi Kabupaten Kebumen tanggal 17 Agustus 2023 tepat 78 tahun yang lalu, Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya," sambungnya. 

Untuk itu pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Kebumen untuk menerapkan nilai-nilai juang dalam kehidupan sehari-hari. 

"Seperti sikap patriotisme, gotong-royong, persatuan dan kesatuan, cinta damai, serta tanggung jawab sebagai wujud syukur kita dalam mengisi kemerdekaan dengan melaksanakan pembangunan baik fisik maupun mental spiritual," ujar Bupati.

Selesai Rapat Paripurna Hari jadi ke 394 dilanjut dengan Rapat Penetapan APBD Kabupaten Kebumen Tahun 2023.

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post