Anggota DPR RI Teti Rohatiningsih Beri Bimbingan Teknis Budidaya Kopi di Cilacap

Foto : Bimbingan teknis Anggota DPR RI Teti Rohatiningsih



CILACAP (BANYUMAS POS) - Indonesia merupakan negara dengan letak geografis yang sangat mendukung bagi pengembangan komoditas komoditas perkebunan seperti sawit, karet kopi dan lain sebagainya. 

Salah satunya di wilayah Cilacap dan Banyumas yang merupakan daerah dengan bentangan topografi yang strategis menjadi penting bagi pengembangan komoditas perkebunan. 

Satu diantaranya yaitu kopi. Dimana kopi adalah komoditas perkebunan yang mulai menggeliat kembali. Permintaan kopi terus meningkat seiring pemulihan ekonomi nasional setelah diporak-porandakan oleh adanya pandemi Covid-19. 

Kedai-kedai kopi dan cafe yang menyediakan aneka kopi mulai kembali menggeliat bak cawan di musim hujan.

Dalam kesempatannya, Teti Rohatiningsih S.Sos selaku Anggota DPR RI komisi IV Dapil Cilacap dan Banyumas mendukung situasi itu dengan menyelenggarakan Bimbingan teknis budidaya dan produktivitas komoditas kopi pada Sabtu (17/06/2023). 

Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu hotel di Cilacap ini bekerjasama dengan perkebunan kementan RI selaku mitra kerja Komisi IV DPR RI. 

Komisi IV DPR RI sendiri diketahui memiliki mitra kerja di bidang kelautan perikanan, pertanian dan lingkungan hidup bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Pertanian dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. 

Dalam sambutannya, Teti menyampaikan bahwa tantangan dunia ke depan menjadi semakin dahsyat. Ketahanan pangan adalah isu pokok yang mesti direspon masyarakat secara luas dengan meningkatkan produktivitas pangan.


Kendati demikian, menurut Teti masyarakat kuat terhadap potensi krisis pangan yang mengancam saat ini. 

Kegiatan bimbingan teknis budidaya dan produktivitas komoditas kopi itu diikuti oleh para kelompok tani di Kabupaten Cilacap yang fokus dalam budidaya kopi beserta olahan pasca panennya serta konstituen. 

"Melalui acara ini, apa yang telah dibahas dapat ini dalat disampaikan kembali kepada masyarakat lebih luas, agar nilai manfaat dari acara ini dapat disebarluaskan," ujar Teti.

Teti sendiri merupakan Anggota DPR RI yang paling dirasakan kehadirannya oleh masyarakat Cilacap mengingat sepak terjangnya sebelum menjadi anggota DPR RI telah hampir 15 tahun mengabdikan diri sebagai ketua tim penggerak PKK Kab Cilacap. 

Kegigihannya untuk langsung turun bersama masyarakat adalah wujud komitmennya dalam turut serta membangun Cilacap sebagai putri asli dari Cilacap.

Hal itu dibuktikan dengan berbagai bantuan yang telah disalurkan kepada masyarakat, khususnya petani di Dapilnya Cilacap dan Banyumas melalui program-program yang digagasnya maupun aspirasi. 

Bantuan tersebut diantaranya peralatan pertanian, traktor, tank semprot, kendaraan roda tiga, kendaraan roda dan bantuan lainnya. 

Adapun para kelompok wanita tani juga turut diperhatikan melalui program pekarangan pangan lestari. Selain itu, sarana pengembangan budidaya ikan melalui metode bioflok. 

Pewarta : Galih
Previous Post Next Post