Apel Hari Pertama Lebaran, ASN Setda Banyumas dan Sekitarnya Salam-salaman

Foto : Silahturahmi dan Halal Bihalal ASN Banyumas



BANYUMAS (BANYUMAS POS) - Hari pertama masuk kerja setelah libur Idul Fitri 1444 H / 2023 M, Aparatus Sipil Negara (ASN) Pemkab Banyumas di Lingkungan Pendopo Si Panji, melaksanakan apel pagi yang dilanjutkan dengan salam salaman serta ucapan mohon maaf dengan sesama pegawai di Halaman Pendopo Si Panji Rabu (26/04/2023). 

Apel yang dipimpin oleh Wakil Bupati Banyumas, Drs Sadewo Tri Lastiono MM tersebut diikuti oleh ASN Sekretariat Daerah (Setda), Sekretariat DPRD (Setwan) dan ASN Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Banyumas. 

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo yang bertindak sebagai pembina apel pagi, dalam pengarahannya menyampaikan, bahwa apel pagi sedianya akan dipimpin Bupati Banyumas, namun karena Bupati dipanggil Gubenur, maka dirinya yang memimpin apel pagi ini. 

Menurutnya Idul Fitri merupakan momentum untuk saling memaafkan. Sifat memaafkan diharapkan selalu hadir dalam diri setiap manusia, sehingga dalam diri manusia tidak diwarnai sifat iri, dengki serta dendam.

“Saya secara pribadi, atas nama keluarga, maupun sebagai Wakil Bupati Banyumas, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Taqobbalallahu minna wa minkum, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Selama bergaul sehari-hari, baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan saya yakin saya maupun keluarga pernah berbuat salah maupun khilaf kepada bapak/ibu/saudara sekalian. Untuk itu di hari yang berbahagia ini saya menyampaikan permohonan maaf yang setulus-tulusnya. Begitupun apabila bapak/ibu/saudara memiliki salah, saya dan keluarga juga akan memaafkan dengan setulus hati pula," kata Wabup Sadewo. 


Wabup mengatakan, momentum Idul Fitri menjadikan ASN untuk tetap peningkatan motivasi dan semangat untuk bekerja dan mengabdi serta berkarya bagi kemajuan Banyumas. 

Ia juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada ASN yang telah patuh dan disiplin untuk hadir tepat waktu, sehingga bisa masuk kantor setelah libur lebaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Hal tersebut menunjukkan komitmen dan loyalitas ASN terhadap aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah serta kesungguhan hati untuk menaatinya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam upaya Pemerintah Daerah untuk menyambut dan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Alhamdulillah berkat upaya keras dan sinergi dari kita semua, jalannya perayaan Idul Fitri tahun ini secara umum dapat berjalan dengan baik, aman, dan lancar,” lanjutnya 

Meskipun pada tahun ini terdapat perbedaan dalam penentuan tanggal 1 syawal, Wabup menilai seluruh masyarakat sudah semakin dewasa untuk menyikapi perbedaan tersebut dengan bijak, dengan selalu mengedepankan sikap toleransi serta rasa saling menghargai dan menghormati.

Setelah apel pagi dilanjutkan dengan membentuk barisan seraya bersalam-salaman sambil maaf memaafkan. Kegiatan tersebut berlangsung hikmah namun penuh senyuman dan canda tawa. 

Pewarta : Fadolly
Previous Post Next Post