Yulianto Berikan Bantuan Bibit Ayam 800 Ekor di Desa Gondanglegi dan Ambalkeprek

Foto : Yulianto Saat Memberikan Bantuan Bibit Ayam 



KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Seorang pengusaha di bidang travel umroh di Surabaya bernama Yulianto memberikan bantuan bibit ayam kampung sebanyak 800 ekor di 2 Desa di Kecamatan Ambal, Kebumen, Jawa Tengah yaitu Desa Ambalkeprek dan Gondanglegi. 

Hal itu sebagai wujud kepeduliannya dalam mendukung usaha budidaya ayam kampung di 2 Desa tersebut. 

"Ketika kita melihat suatu peluang pasar di Kecamatan Ambal yang sangat luar biasa tentang budidaya ayam kampung, maka disitulah saya hadir," ungkap Yulianto, Sabtu (18/3/2023).

Ia mengatakan, dengan inisiator seorang laki-laki bernama Agus Riyanto dari Desa Ambalkeprek, kemudian lahirlah ayam Kampung Unggul Baritbaten (KUB) yang dihasilkan dari bang pangan. 

Dimana, lanjut dia, ayam tersebut mempunyai kualitas yang baik, mudah tumbuh dan tahan dari serangan virus. 

"Dan istimewanya ayam ini, hanya dalam waktu 2 bulan setengah sudah bisa dikonsumsi dan sudah bisa dijual. Selain kita menjual dagingnya, kita juga bisa menjual indukannya. Kemudian kita juga bisa menjual telurnya sama menjual DOCnya," jelasnya. 

Yulianto menyebut, bahwa ternak ayam KUB tidaklah sulit dan usaha yang menjanjikan serta mudah dijalankan. 

"Tidak perlu sekolah tinggi-tinggi. Usaha ini juga mudah diaplikasikan oleh kalangan masyarakat, khususnya bapak-bapak dan ibu-ibu," ujarnya. 

Ia sendiri mentargetkan akan memberikan bantuan 10 ribu bibit ayam gratis di tahun 2023 ini, namun diserahkan secara bertahap.
 
"Kenapa bertahap, karena kita ini perlu latihan dan perlu belajar bagaimana memelihara ayam dengan baik, sehingga setiap kelompok yang nanti sudah berhasil maka kita akan tambah. Jadi simulasinya seperti itu," ucapnya. 

Sehingga, lanjut dia, bibit- bibit ayam yang kita serahkan akan tumbuh dengan baik. 

"Tentunya hal ini didukung dengan dasar lingkungan yang cocok dan masyarakat yang bisa menerima. Kemudian semangat dan motivasi mereka untuk berubah. Ketika ada masyarakat yang sudah punya semangat untuk berubah, maka disitulah kita harus hadir," katanya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, bantuan bibit ayam bukan hanya untuk Desa Ambalkeprek dan Gondanglegi saja, namun juga di desa lainnya. 

"Siapapun kalian, di Desa manapun kalian, selama kalian mau berubah dan bergerak bersama mas Yul, semua bisa kita wujudkan," tandasnya. 

Sementara, Agus Riyanto salah seorang Peternak ayam KUB mengatakan, bahwa dirinya sudah lebih dari 2 tahun menggeluti usaha ternak ayam kampung tersebut. 

"Untuk jenis ayam yang dipelihara yaitu ayam Kampung Unggul Baritbaten (KUB) karena ayam ini jenis ayam konsumsi dan sikrusnya sangat cepat untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah," tuturnya. 

Ia menyebut, ada 8 kelompok saat ini yang sudah berjalan di 2 Desa yaitu Desa Ambalkeprek dan Gondanglegi. 

"Alhamdulillah dapat penyaluran bibit secara gratis dari Mas Yuli. Saya dan semua kelompok sangat bersemangat. Semoga dengan bantuan dari bapak Haji Yulianto, kelompok kami bisa berkembang dan otomatis meningkatkan perekonomian teman-teman kita semua," ucapnya. 

Dikatakannya, untuk populasi kandang ayam untuk induknya 50 ekor dan 10 ekor ayam pejantan.

"Sekarang total semua ada 150 lebih ekor ayam," ungkap Agus. 

Ia berharap kelompoknya bisa lebih eksis dan menjadi sentral kampung unggul di Kabupaten Kebumen.
 
Pewarta : Lia
Previous Post Next Post