Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan Masyarakat Desa Banjarmangu Pawai Obor.


Banjarnegara Banyumas Pos -- Ada banyak kegiatan positif yang kerap dilakukan oleh umat muslim dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan. 


Salah satunya yaitu melakukan tradisi pawai obor keliling kampung untuk memeriahkan malam sebelum tiba bulan yang penuh berkah. 


Dzikir dan doa-doa dilambungkan sebagai bentuk "kumawulo" atas rasa syukur yang telah diberikan Allah SWT kepada umat muslim hingga sampai didepan pintu bulan yang sangat dinanti-nanti. 


Semangat saling membantu dan gotong royong dalam mempersiapkan pawai menjadi cermin kebersamaan yang erat bisa dirasakan sebelum kegiatan berlangsung. 


Kali ini warga dusun RW 04 Kayunan, Desa Banjarmangu melaksanakan pawai obor bertajuk (Aja Nganti Kelangan Obor), yang dimaksudkan, obor sebagai salah satu sumber penerangan untuk menuntun kita sampai tujuan bersama-sama. 


Dalam istilah Jawa sendiri (Aja Nganti Kelangan Obor) berarti jangan sampai obor penerang kita mati, apalagi hilang, sebab jika Obor sebagai penerang langkah kita mati maka jalan kita akan tak menentu arahnya, seperti dalam gelapnya malam maka kita tetap membutuhkan Obor sebagai penerang jalan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 21 Maret 2023 dan diikuti oleh 200 peserta. 


Khotibul Umam sebagai ketua panitia acara pawai Obor mengatakan bahwa "Pawai Obor ini bisa dimaknai sebagai representasi dari perjuangan Kanjeng Nabi Muhammad SAW, Minadzulumati ilannur, yang membawa kita dari kegelapan kepada cahaya keimanan".

 

Senada dengan hal tersebut Buyung selaku tokoh pemuda menyampaikan rasa bangganya kepada rekan-rekan remaja Dusun Kayunan. " 


Saya bangga dan mengapresiasi, kegiatan positif seperti ini terus bisa terlaksana untuk menjalin tali silaturahmi antar warga Desa Banjarmangu, khususnya Dusun Kayunan. Tetap jaga kekompakan, menjadi diri sendiri yang tidak lupa diri" Pungkasnya. 


Kegiatan pawai obor dalam menyambut bulan suci ramadhan ini start di Masjid Jami' Al fatah,berjalan melewati area Dusun Kayunan dan Kandangan, finish di Plataran Kaliandra, diikuti oleh anak-anak TPQ, seluruh warga Dusun Kayunann dan dihadiri oleh kepala desa Banjarmangu beserta perangkatnya.

Dimeriahkan oleh tim kesenian tradisional Bamboe Bersatu, Barata Kahyangan, Sekar Laras Manunggal, Laskar Watu Lembu, Bambu Aji, Acara berjalan dengan meriah dan hikmat. 


Kades Banjarmangu Nurul Hilal Eko Prayitno menyampaikan ucapan terimakasih dalam  sambutannya "Atas nama pemerintahan desa mengucapkan,

terimakasih pada Karang Taruna, Kahyangan, Pemuka, ustad ustadzah, tokoh masyarakat. 


Kegiatan seperti ini perlu dibudayakan dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan kita harus selalu semangat.


Atas nama pemerintahb Desa juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah bulan Ramadhan semoga kita diberi kesehatan dan bisa menjalankan ibadah sebaik-baiknya sehingga yang menjadi tujuan kita bisa tercapai," ucapnya.


Pewarta: Nur S/Byg

Previous Post Next Post