Warga Masyarakat Dusun Bulukuning dan Sabrang KidulGotong Royong Pemeliharaan Jalan 5 Km Dengan Dana Swadaya Murni Masyarakat




Foto : Warga masyarakat Dusun Bulukuning dan Sebrang Kidul Gotong royong Perbaikan jalan Sepanjang 5 km dengan anggaran murni swadaya masyarakat 



Banjarnegara Banyumas Pos -- Dengan penuh semangat dan kompak warga masyarakat Dua Dusun yaitu, Dusun Bulukuning  dan Dusun Sabrang Kidul Minggu (05/02/2023).


Giat gotong royong pemeliharaan jalan tersebut di biyaya denga dana murni swadaya masyarakat, tidak ada bantuan dari Pemdes atau Dinas terkait lainya.

Foto : warga masyarakat giat memperbaiki jalan yang berlubang 

Kadus Bulukuning Desa Kaliajir Latif, kami mengucapkan terimakasih kepada warga kami yang sudah mengorbankan tenaga, pikiran dan hartanya untuk memperbaiki jalan desa sepanjang 5 Km. 

 

Kami berharap ke gotong royong ini tetap bisa berjalan selama, dan bisa menjadikan contoh buat generasi mendatang. 


Juga kami berharap kedepan untuk perbaikan atau pemeliharaan jalan ini bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah," pungkasnya.



Kukuh Septiyo Nugroho penggerak giat perbaikan jalan di Dusun Bulukuning dan Dusun Sabrang Kidul menuturkan bahwa kegiatan perbaikan jalan ini merupakan kesadaran warga masyarakat untuk bisa mandiri. 


Maka ketika melihat jalan yang sudah mulai rusak hingga menggangu pengguna jalan karena jalanya berlubang juga bisa membahayakan, kami ngobrol-ngobrol dengan teman-teman untuk memperbaiki jalan tersebut.


Alhamdulillah teman-teman respon dan dengan ikhlas iuran untuk membeli bahan matril, kamu juga menghubungi teman-teman yang ada di perantauan untuk bisa berpartisipasi membeli matrial, 

 

Kami melihat bahwa jalan ini merupakan sarana vital untuk mengembangkan perekonomian warga masyarakat, karena jika jalannya bagus ekonomipun bisa meningkatkan karena tengkulak atau bakul berani beli hasil bumi dengan harga mahal, karena tidak ada kendal di perjalanan.


Harapan kami dengan adanya giat ini pemerintah Desa cepat tanggap dan bisa menganggarkan dana Desa untuk perbaikan jalan tersebut, ucapnya.

Foto: Babinsa Koramil/08 Purwanegara bersama tokoh masyarakat Dusun Bulukuning dan Sabrang Kidul


Babinsa Koramil/08 Purwonegoro Serda Mustamar apresiasi kepada warga masyarakat Desa Kaliajir khususnya Dusun Bulukuning dan Dusun Sabrang Kidul yang sudah rela bergotong royong memperbaiki jalan yang sudah mulai rusak dengan cara di cor denga  biyaya swadaya masyarakat.


Giat seperti ini sudah langka Maka dari itu  warga masyarakat kedepannya mengharap ADD bisa di salurkan untuk perbaikan jalan, karena jika jalannya bagus perekonomianpum akan meningkat

kita sendiri dan keluarga kita harus bisa mandiri untuk memajukan Desanya dari segala bidang.


Harapan kami selaku Babinsa di Desa Kaliajir ini denga adanya giat gotong royong yang di laksanakan oleh warga masyarakat ini bisa di pertahankan, karena maju dan mundurnya Desa yaitu oleh warganya sendiri,"tuturnya.

Jartongat seorang warga Dusun Bulukuning menjelaskan bahwa perbaikan jalan sepanjang 5 Km ini murni swadaya masyarakat, dan perbaikan jalan ini mendapat dukungan penuh dari Babinsa Koramil/08 Purwanegara yang di tugaskan di Desa Kaliajir.


Harapan saya sebagai warga masyarakat untuk kedepannya pemerintah Desa benar - benar memperhatikan jalan Desa, karena jalan adalah sarana untuk meningkatkan perekonomian warga masyarakat yang ada di di Desa. 


Maka saya harapkan Anggaran Dana Desa ( ADD) bisa di alokasikan untuk perbaikan jalan, karena jalan merupakan alat vital untuk warga masyarakat," ucapnya.


Di tempat yang berbeda sama warga masyarakat Dusun Bulukuning Kardi menyampaikan bahwa perbaikan jalan ini walaupun dengan swadaya masyarakat sifatnya tidak memaksa kepada masyarakat, ini semua dikarenakan warga masyarakat peduli dengan jalan, dan juga dipakai oleh sendiri jadi sudah sewajarnya kita memelihara jalan agar supaya tetap baik.


Hingga warga masyarakat merasa yaman, aman dan tidak was-was dalam mengemudikan kendaraannya.


Kami juga atas nama warga masyarakat tidak menekan kepada pemerintah untuk memperbaiki jalan tapi setidaknya jadi perhatian pemerintah perihal jalan karena kalau kita pikirkan Desa bisa kelihatan maju jika jalannya baik, tapi jika jalannya jelek Desa kelihatan tidak ada kemajuan," pungkasnya.


Pewarta: Nur S/Dian

Previous Post Next Post