MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA SEPMI KOMISARIAT SMP COKROAMINOTO BANJARMANGU GELAR MARKET DAY



Di era digital kini segala hal yang kita ingin sangat mudah kita dapatkan hanya dengan satu genggaman tangan. 


Hal ini membuat anak-anak muda atau sering kita sebut dengan genersi milenial cenderung pasif tanpa pergerakan yang mengasah daya kreatifitas. 


Anngan-angan bekerja mapan tanpa skill kemampuan tapi berharap berpenghasilan besar dan cenderung mudah menyerah dalam pertarungan ide,gagasan, dan ketangkasan untuk survive bertahan hidup.


Dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa dilingkungan sekolah, Serikat Pelajar Musllimin Indonesia(SEPMI) gelar Market Day, Selasa, 31 Januari 2023. Kegiatan dilakukan di pelataran teras SMP Cokroaminoto Banjarmangu. 


Berbagai produk panagan olahan kreatifitas masing-masing siswa disajikan dengan harga yang relatif murah sehingga terjaungkau untuk ukuran kantong pelajar.


Kegiatan Market Day ini bertujuan untuk menggali potensi jiwa-jiwa wirausaha sisawa-siswi dan melatih siswa untuk belajar memaknai hidup dari jeri payah kreatifitasnya hingga menghasilkan uang dengan mandiri. 


Pembelajaran kewirausahaan di sekolah perlu diintegrasikan dengan sikap dan perilaku seperti tanggung jawab, kerja keras, disiplin, semangat belajar, inovasi, kkreatifitas, dan lain-lain.


Kepala sekolah SMP Cokroaminoto Banjaramangu Akhmad Khuzaeni sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Kegiatan Market Day ini memang sangat penting untuk mengasahan jiwa kemandirian untuk meghadapi masa depan. 


“Market Day ini kegiatan yang sangat positif untuk mengasah kemandirian dalam diri siswa dan sebagai ajang untuk mempertajam kreatifitas sebagai bekal menghadapi masa depan”.


Sementara itu Waka kesiswaan, Nova Ardianto mengatakan bahwa sangat senang daya kreatiifitas pengurus SEPMI terus berkembang. “ Saya senang dan bangga karena ide untuk mengadakan Market Day ini muncul dari siswa. Sekolah ini kan miniature dunia, ketika jiwa kewirausahaan diasah maka akan terlatih. 


Outputnya setelah selesai dari sekolah nantinya mereka bisa mengembangkan bakat potensinya di dunia wirausaha dan bermanfaat bagi sesama dan rencananya kegiatan Market day ini akan menjadi kegiatan rutin satu minggu sekali sebagai program kerja SEPMI”


Sementara itu ditempat yang sama, Alenta,  pengurus SEPMI bidang Kewirausahaan juga menyampaikan perasaan bangganya karena ide dari teman-teman ini bisa terealisasi dan diapresiasi pihak sekolah. 

Pewarta: Nur S/Byg

Previous Post Next Post