Pengurus PC IPNU Cilacap Masa Khidmah 2021-2023 Resmi Dilantik

Foto : Pelantikan PC IPNU Kabupaten Cilacap



CILACAP (BANYUMAS POS) - Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Cilacap baru Masa Khidmah 2021-2023 resmi dilantik, Minggu (15/1/2023). 

Pelantikan tersebut berlangsung di Pendopo Wijayakusuma Sakti, dipimpin Ketua PCNU Cilacap, Nasrulloh Muchsin. 

Ketua Panitia Pelaksana, Rizki Anugrah Pratama mengatakan, pengurus PC IPNU Kabupaten Cilacap baru yang dilantik berjumlah 40 orang. 

"Kepada pengurus yang sudah dilantik pada hari ini kita tekankan berkaitan dengan dua isu besar yaitu soal kepemimpinan dan bisnis, bukan hanya untuk pengurus saja, tetapi seluruh anggota IPNU di Cilacap," ucapnya. 

Ia menyebut, kepemimpinan itu sangatlah penting karena kepemimpinan itu bisa ditempa dari organisasi IPNU. 

"Kemudian problem yang dihadapi pelajar salah satunya pengangguran pasca lulus sekolah dan program bisnis ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi mereka untuk meminimalisir angka ketergantungan pada suatu pekerjaan," ujarnya. 

Rizki menyampaikan, selama satu tahun kedepan, dapat menjadi acuan, refleksi serta evaluasi program-program PC IPNU Cilacap kedepan. 

"Nanti kita akan melakukan penyelesaian program yang lebih kongkrit, baik itu di bidang kaderisasi maupun yang lainnya," jelasnya. 

Ia menambahkan, jumlah anggota PC IPNU Kabupaten Cilacap terhitung sejak tahun 2015 kurang lebih 11 ribu orang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan santri yang tersebar di 23 Kecamatan. 

"Adapun mereka yang tidak bersekolah tetap bisa bergabung di IPNU dengan usia 13 sampai 24 tahun," terangnya. 

Lebih lanjut, mendekati tahun politik saat ini, pihaknya mengimbau kepada seluruh anggota IPNU di Cilacap agar tidak terjerumus ke dalam politik praktis. 

"IPNU ini sifatnya adalah organisasi pelajar yang berorientasi kepada ilmu dan pengetahuan, bukan berpolitik," tegas Rizki. 

Lanjut dia, IPNU sendiri memiliki tiga pokok tugas yang pertama pengawalan, karena IPNU memiliki program kaderisasi yaitu maksta atau masa keikutsertaan anggota. 

"Dan itu gerbang awal untuk masuk ke IPNU. Kemudian pelayanan kaitannya dengan administrasi seperti pembuatan SK atau kepengurusan di tingkatan ranting di masing-masing Desa/Kelurahan. Terakhir fungsi advokasi, dimana PC IPNU Cilacap akan memperjuangkan hak-hak pelajar dan kita menggarap isu-isu tentang pendidikan," katanya. 
 
Sementara itu, Kepala Seksi Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap, Narti mewakili Pj Bupati Cilacap berharap PC IPNU Cilacap menjadi generasi penerus yang hebat. 

"Dan tentunya menjadi menjadi andalan pemuda-pemuda di Kabupaten Cilacap di masa yang akan datang, sehingga sedini mungkin mempersiapkan diri untuk menjadi pemuda-pemuda yang handal dan kreatif," ucapnya. 

Ia juga menilai sejauh ini kinerja dari PC IPNU Cilacap sudah sangat baik dengan kreatifitas yang dimiliki anggota dan telah membanggakan Kabupaten Cilacap. 

"Walaupun tersisa waktu tinggal satu tahun lagi, semoga dengan kepengurusan yang baru ini dapat membawa perubahan yang lebih baik dan kinerja yang sudah baik ini agar ditingkatkan lagi," pungkas Narti. 

Pewarta : Galih
Previous Post Next Post