Antisipasi Banjir, Polsek Maos Monitoring Ketinggian Air Sungai di Desa Karangrena Cilacap

Foto : Anggota Polsek Maos Saat Monitoring Sungai di Desa Karangrena



CILACAP - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah membuat debit air sungai yang berada di Desa Karangrena, Kecamatan Maos mengalami kenaikan di atas ketinggian normal. 

Guna mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir dan pohon tumbang, anggota Polisi dari Polsek Maos melaksanakan patroli dangan melakukan pengecekan dan monitoring ketinggian air di sungai tersebut pada Sabtu (3/12/2022) pagi.

Kapolsek Maos, AKP Iwan Effendi mengatakan, monitoring dilakukan anggota dengan mengamati pinggiran sungai untuk melihat aliran air sungai tersebut. 

"Dengan adanya curah hujan yang mulai meningkat akhir-akhir ini terutama di Kecamatan Maos, kami mengkhawatirkan terjadi luapan air sungai yang dapat menyebabkan banjir dan bencana lainnya," ujar AKP Iwan. 

Terlebih hujan turun dengan lebat disertai angin kencang yang sering terjadi akhir-akhir ini, sehingga menurutnya rentan terjadinya banjir dan pohon tumbang.

Oleh karena itu, pihaknya memerintahkan anggota untuk melakukan pengecekan dan monitoring ketinggian air di sungai tersebut. 

"Sehingga nantinya dapat menentukan tindakan apa yang sebaiknya diambil oleh pemerintah daerah maupun dari Kecamatan untuk mengantisipasi terjadinya bencana," ungkapnya. 

Selain itu, lanjut dia, untuk meminimalisir kerugian material dan korban jiwa jika bencana alam terjadi. 

Dalam kesempatannya, Kapolsek meminta warga sekitar untuk aktif dalam memberikan informasi kepada Polsek terkait aliran sungai yang berada di Desa Karangrena itu. 

"Tanah longsor atau pohon tumbang bisa terjadi kapan saja. Untuk itu kami mengimbau kepada warga sekitar agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap bencana," ucap AKP Iwan

Pewarta : Galih
Previous Post Next Post